Ketika Musisi Yovie Widianto Bicara Soal Pajak dan Tax Amnesty

61
0
SHARE
Ketika Musisi Yovie Widianto Bicara Soal Pajak dan Tax Amnesty
Ketika Musisi Yovie Widianto Bicara Soal Pajak dan Tax Amnesty

BHARATANEWS.ID | BISNIS – Musisi Yovie Widianto menyampaikan sejumlah hal penting saat diberikan kesepakatan menjadi pembicara dalam acara sosialiasi amnesti pajak dihadapan para artis nasional.

Pertama, dia mengingatkan rekan-rekan seprofesinya membayar pajak kepada negara. Menurut Yovie, hal itu merupakan kewajiban sebagai warga negara.

“Rakyat semua tidak hanya artis, tukang becak, pengusaha dan sebagainya, selain punya hak juga punya kewajiban (bayar pajak),” ujarnya di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Kedua, dia juga mengingatkan pemerintah untuk menunjukan bukti pembayaran pajak tidak sia-sia dan memberikan manfaat kepada masyakarat. Yovie langsung mengambil contoh penerapan kebijakan pajak di Amerika Seikat.

“Kalau di Amerika kan ada SNS social security number, di sini mungkin NPWP. Ada track record kita. Kalau kami artis, kami urus orang tua, ada juga insentif nantinya berapa per tahun,” kata dia.

“Mengurus sekolah anak juga ada insentifnya. Jadi kewajiban, Indonesia juga menunjukan ini loh kalau bayar pajak kalian akan dapat ini, dapat itu,” lanjut Yovie.

Pria kelahiran Bandung, 48 tahun silam itu, yakin bila pemerintah menyosialisasikan hak-hak wajib pajak yang benar melaporkan hartanya, para artis akan lebih semangat membayar pajak.

Apalagi tutur dia, profesi artis bukanlah profesi yang memberikan jaminan hari tua seperti adanya dana pensiun.

Ketiga, musisi kawakan Indonesia itu meminta Ditjen Pajak dan para artis memperbaiki hubungan yang selama ini kerap kejar-kejaran. Para artis kerap merasa dikejar-kejar para petugas pajak.

Menurut dia, saat ini momentum yang tetap untuk memperbaiki hubungan tersebut mengingat adanya program amnesti pajak. Bila para artis ikut program itu, maka Ditjen Pajak bisa menjadikannya sebagai contoh masyarakat untuk menyukseskan kebijakan amnesti pajak.

“Saya tahu tax amnesty ini kan sebenarnya untuk mengembalikan uang yang ada di luar yang mungkin ribuan triliun. Dengan artis ini tentu bisa jadi kolaborator kepada wajib pajak ‘ini loh artis aja sadar lapor pajak, masa anda tidak?’,” ucap pria 48 tahun itu.

Oleh karena itu, ia berharap para artis mendukung program amnesti pajak sehingga kebijakan itu bisa sukses.

(kompas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here