Keren! MaksiPlus Beri Edukasi Petani Bogor

42
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Tidak bisa dipungkiti, pertanian menjadi factor utama untuk memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia, bahkan dunia.

Hal itu pun diakui MaksiPlus, komunitas pelaku agribisnis yang ada di Bogor. Selain melalui edukasi tentang teknologi pertanian, MaksiPlus juga melakukan penanaman di kebun percontohan seluas dua hektare di Cimanggis, Bogor

Penanaman ini sekaligus lauching MaxiFarm Sekolah Urban Tani, Sabtu (20/08/2016). “ Masyarakat juga diajak untuk ikut merasakan pengalaman kebatinan dalam bertani,” ujar Inisiator MaksiPlus, Amal Al Ghozali kepada Pojokjabar.

Amal menambahkan, Maksiplus berupaya membentuk jaringan petani urban, sekaligus market outlet untuk mengantisipasi tingginya permintaan pangan di masa depan.

Dengan begitu diharapakan akan mendorong terciptanya Agrisociopreneur yang bukan hanya sekedar memiliki pemahaman bertani. Tetapi juga memiliki pemahaman hingga ke proses pemasaran.

“ Saat ini, Indonesia diberkahi bonus demografi yang memberikan keuntungan banyak hal,” ujarnya.

Hanya saja, data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia mengatakan bahwa demografi penduduk secara nasional menunjukkan tren peningkatan persentase penduduk di perkotaan lebih besar dibanding desa.

Data BPS menunjukkan mulai dari 2010, persentase masyarakat yang tinggal di kota adalah 49,8 persen. Angka tersebut meningkat di 2015 menjadi 53,3 persen.

BPS juga memperkirakan tren penduduk akan menigkat pada tahun-tahun berikutnya yaitu di 2020 diperkirakan 56,7 persen, 2025 menjadi 60 persen, 2030 menjadi 63,4 persen dan 2035 menjadi 66,6 persen.

“Kami juga mengajak masyarakat agar dapat mempersingkat rantai distribusi hasil-hasil pertanian dri petani hingga sampai di meja makan,” tandasnya. (pojoksatu.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here