Ini Edukasi Penting dalam PLN Mengajar di SMKN 53 Cengkareng

97
0
SHARE
Ini Edukasi Penting dalam PLN Mengajar di SMKN 53 Cengkareng
Ini Edukasi Penting dalam PLN Mengajar di SMKN 53 Cengkareng

BHARATANEWS.ID | SAINS – Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyambangi SMKN 53 Cengkareng, Jakarta Barat pada Selasa (23/8).

Mereka menggelar program yang bertajuk PLN Mengajar kepada para siswa.

General Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Barat, Robert Aprianto Purba memaparkan sejumlah materi kepada para pelajar. Ia memberikan edukasi penting bagi penerus bangsa Indonesia ini.

Robert mengatakan seharusnya para siswa bersyukur dapat menikmati fasilitas listrik. Pasalnya banyak wilayah di Nusantara ini yang belum mendapatkan pelayanan listrik.

“Baru 88 persen warga di Indonesia yang bisa menikmati fasilitas listrik. Sedangkan masih ada 12 persen masyarakat di perdalaman yang belum bisa menikmati adanya listrik di daerahnya itu,” ujar Robert saat memberikan pembelajaran kepada ratusan siswa SMKN 53 Cengkareng pada Selasa (23/8).

Ia menekankan agar para pelajar ini hemat dalam pemakaian listrik. Gunakan lah listrik sesuai dengan keperluan.

“Anak – anak juga harus tahu tentang pencurian listrik, karena dapat membahayakan diri sendiri dan warga sekitar,” ucapnya.

Banyak sejumlah masyarakat yang melakukan pencurian listrik. Mereka memasang listrik secara ilegal dengan menyambungkan ke kabel – kabel yang sudah ada.

“Kalau anak – anak mengetahui di wilayah sekitarnya ada yang melakukan hal itu, tolong dikasih tahu. Pencurian listrik seperti itu bisa menyebabkan korsleting yang berujung pada kebakaran,” kata Robert.

Tindakan tersebut sangat membahayakan dan kerugian orang lain. Oleh karena itu sebaiknya warga harus memakai listrik sesuai prosedur yang ada.

“Kami juga membuka pintu untuk para pelajar agar bergabung bersama kami. Agar mengetahui dunia kerja, siswa bisa magang di PLN. Sehingga bisa melayani banyak masyarakat di negeri ini,’ ungkap Robert.

Satu dari siswa yakni Muhammad Rafli (15) mengaku bersyukur mendapat materi tentang kelistrikan dalam kegiatan PLN Mengajar. Siswa kelas X jurusan Listrik di SMKN 53 Cengkareng itu menyebut bahwa dirinya akan langsung bekerja setelah lulus dari sekolah.

“Mau jadi teknisi listrik, nyobain kerja cari uang sendiri buat orangtua,” kata Rafli.

(tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here