Hari Nusantara Jadi Waktu yang Tepat untuk Berwisata ke NTT

98
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TRAVEL – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo,  Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya baru saja meluncurkan secara resmi perayaan Hari Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Senin malam (22/8/2016).

Mengangkat tema besar “Tata Kelola Potensi Maritim Nusantara yang Baik Menuju Poros Maritim Dunia”, penyelenggaraan Hari Nusantara tahun ini akan diselenggarakan di Lembata, NTT, pada 13 Desember mendatang.

Menteri Arief mengatakan, penyelenggaraan Hari Nusantara merupakan momentum untuk mempromosikan pariwisata NTT yang punya destinasi wisata bahari yang menawan, mulai dari Labuan Bajo hingga Pulau Padar. NTT yang juga menjadi destinasi prioritas dan digadang-gadang akan menjelma “10 Bali baru” dengan menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 270 juta wisatawan nusantara pada 2019.

“Sebagai destinasi prioritas pembangunan infrastruktur dan promosi pariwisata NTT kita gencarkan termasuk memanfaatkan momentum Hari Nusantara tahun ini,” kata Menteri Arief.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, NTT memiliki potensi alam (nature), budaya (culture), dan daya tarik buatan manusia (manmade) yang kuat, mulai dari Pulau Komodo hingga tradisi berburu paus masyarakat Lamalera Kabupaten Lembata.

“Kabupaten Lembata juga menjadi titik labuh favorit bagi wisatawan yachter dunia dan  tren kunjungan yacht ke sini terus meningkat. Tahun lalu kunjungan wisatawan ke NTT 2,8 juta orang, yang berkunjung ke Lembata sekitar lima ribu orang, seribu di antaranya adalah para yachter dunia,” katanya menambahkan.

Hari Nusantara 2016 sendiri akan diramaikan dengan beragam aktivitas bahari yang menarik menarik, mulai dari parade kapal, kompetisi olahraga bahari, berburu paus, hingga berbagai aktivitas lainnya, termasuk gelaran Wonderful Sail 2 Indonesia yang mengundang para peserta dari dari Lithuania, Amerika Serikat, Jerman, Filipina, Australia, Belanda, Inggris, Prancis, dan Selandia Baru.

Momen Hari Nusantara yang diperingati tiap 13 Desember menjadi penting untuk menegaskan kembali tujuan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Gelaran ini diharapkan dapat mengubah pola pikir bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dari darat menjadi laut,  menjadikan bidang kelautan dan pariwisata sebagai arus utama pembangunan nasional, serta mempercepat pembangunan infrastruktur di NTT. (liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here