Analogi JK, Orang Mau Nikah Sama Rumitnya Seperti Pengusaha Akan Investasi

72
0
SHARE
Analogi JK, Orang Mau Nikah Sama Rumitnya Seperti Pengusaha Akan Investasi
Analogi JK, Orang Mau Nikah Sama Rumitnya Seperti Pengusaha Akan Investasi

BHARATANEWS.ID | POLITIK – Evaluasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) diwarnai penyampaian analogi yang menarik oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Dia menceritakan, rumitnya birokrasi ternyata tidak cuma ketika berinvestasi, namun juga saat ingin menikah.

Hal ini diceritakan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, usai menghadiri sidang kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (23/5/2016). Sidang dipimpin oleh Presiden Jokowi dan dihadiri oleh para menteri terkait.

Cerita ini berlandaskan pengalaman JK sendiri yang sering menjadi saksi nikah. JK mengamati bahwa setiap pengantin harus menandatangani berbagai berkas.

“Tadi Bapak Wapres sambil becanda memberikan contoh, karena Presiden dan Wapres berulangkali menjadi saksi nikah. Orang untuk menjadi saksi nikah, orang yang mau nikah itu ternyata tandatangannya banyak, Pak Wapres hitung sampai lima kali,” kata Pramono, menyampaikan cerita dari JK saat sidang kabinet.

“Setelah lihat formulirnya, itu memang rumit. Harus dapat izin dari istri pertama, izin dari istri kedua dan seterusnya. Menunjukkan bahwa ini sebenarnya cerminan rezim perizinan yang terlalu rumit,” terangnya.

Dari analogi tersebut, maka diperlukan penyederhanaan formulir perizinan. Presiden Jokowi pun kemudian memerintahkan agar formulit berserta regulasi terkait investasi agar diinventarisasi ulang.

“Presiden memerintahkan kepada Menko Perekonomian dan Menko Maritim untuk mengumpulkan seluruh formulir yang berkaitan dengan perizinan. Karena kita tau bahwa formulir ini sebenarnya menjadi awal keruwetan proses perizinan yang sebenarnya bisa dibuat simpel itu dibuat panjang karena begitu kompleksnya perizinan,” papar Pramono.

(detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here