Ini Posisi Tidur yang Disarankan Saat Sedang Menstruasi

82
0
SHARE
Ini Posisi Tidur yang Disarankan Saat Sedang Menstruasi
Ini Posisi Tidur yang Disarankan Saat Sedang Menstruasi

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Saat menstruasi wanita memang sering kurang nyaman dalam beraktivitas. Jangankan untuk aktif bergerak, mereka bahkan sering serba salah memposisikan diri ketika istirahat. Rasa kram perut dan takut bocor juga membuat wanita kerap cemas bahkan tidak bisa tidur semalaman. Apa Anda juga sering mengalaminya?

Mengatasi rasa kurang nyaman ketika tidur kala menstruasi sebenarnya tidak terlalu susah. Menurut para pakar kesehatan, wanita disarankan untuk tidur dengan posisi meringkuk seperti janin dalam kandungan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi rasa kram dan membuat Anda lebih nyaman beristirahat.

“Tidur dengan posisi seperti janin mengurangi tekanan pada otot-otot bagian perut,” jelas Lisa Lindley, M.D. selaku ginekolog Eisenhower Women’s Health kepada Glamour.

Pendapat serupa juga diungkapkan Jennifer Wider, M.D. yang mengatakan jika banyak wanita merasakan manfaatkan dari tidur dengan posisi tersebut. Jennifer menjelaskan bahwa meringkuk dapat merelaksasi otot rangka di sekitar perut dan mengurangi tegangan sehingga meminimalisir rasa kram dan nyeri.

Tak hanya kata para ginekolog, tim peneliti untuk aplikasi menstruasi Clue juga telah membuktikan efek positif posisi meringkuk saat datang bulan. Saat dua kaki ditempelkan ketika istirahat ternyata membuat cairan menstruasi tidak rentan bocor sepanjang malam.

Selain dengan meringkuk, dianjurkan pula agar Anda menghindari posisi tengkurap. Jennifer mengungkapkan jika menindih perut bisa menekan uterus sehingga darah yang keluar semakin banyak. Dengan begitu, tentu saja kesempatan terjadinya kebocoran atau tembus jadi lebih meningkat.

Cara lain agar istirahat Anda lebih tenang kala menstruasi adalah dengan bantuan obat. Beberapa hari sebelum datangnya menstruasi, konsumsi ibuprofen atau naproxen untuk mengurangi rasa nyeri di perut. Bisa juga dengan mandi atau merendam sebelum tidur, menggunakan produk-produk beraroma lavender, tidur dengan heating pad, atau merenggangkan badan.

Bila malas berurusan dengan bocor atau tembus di pagi hari, Anda bisa memakai menstrual cup, pakaian dalam khusus menstruasi, atau celana pendek ketat agar pembalut tidak berpindah. Tapi Dr. Lisa tidak menyarankan penggunaan tampon saat malam karena bisa menyebabkan infeksi.

(detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here