Rudal Rusia Diarahkan ke Aleppo dari Kapal Perang di Mediterania

136
0
SHARE
BHARATANEWS.ID | INTERNASIONAL – Kapal perang Rusia yang ditempatkan di Laut Mediterania, melepaskan tembakan rudal ke wilayah dekat Aleppo pada Jumat 19 Agustus.
Tindakan ini dianggap sebagai upaya Negeri Beruang Merah untuk memperluas upaya militernya di Suriah. Sebelumnya, Rusia melepaskan tembakan rudal dari sebuah pangkalan udara di Iran.
Selama ini kekuatan udara Rusia membantu kekuasaan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Assad terus memperkuat perlawanannya terhadap kelompok oposisi yang memberontak.
Sementara itu, di wilayah timur laut Suriah, jet tempur dari pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) terus melakukan patroli pada Kamis 18 Agustus. Patroli dilakukan untuk melindungi pasukan darat lokal yang mereka dukung dari serangan udara pasukan Pemerintah Suriah, yang mengincar kota Hasaka.
“Pemerintah Suriah diminta untuk tidak turut campur dengan pasukan koalisi ataupun rekan kami,” ujar Juru Bicara Pentagon, seperti dikutip Kapten Jeff Davis, seperti dikutip NBC News, Sabtu (20/8/2016).
Mengenai rudal yang ditembakkan oleh pihak Rusia dari Mediterania, disebutkan berjumlah tiga rudal.
Menurut keterangan pihak Kementerian Pertahanan Iran, serangan ditujukan kepada militan Jabhat Fatah al-Sham atau lebih dikenal sebagai Front al-Nusra di Aleppo.
Kondisi memburuk di Suriah
Meningkatnya serangan udara di dalam dan sekitar Aleppo, memicu kekhawatiran internasional. Semua memuncak setelah muncul foto Omran Daqneesh, seorang bocah Suriah yang diselamatkan dari rumahnya yang hancur terkena serangan udara.


Omran Daqnessh yang selamat dari serangan (Foto: AMC)

Rusia pun dituduh sebagai pelaku serangan udara tersebut. Namun negeri yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin itu membantah tuduhan yang diarahkan kepadanya. (Baca: Rusia Bantah Serang Rumah Bocah Suriah Omran Daqnees
Kondisi warga Aleppo juga makin diperparah dengan kurangnya bahan kebutuhan sehari-hari. Lembaga World Food Programme (WFP) memperingatkan kemungkinan situasi buruk dalam perang di Suriah.

(metrotvnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here