Penyandang Disabilitas Turut Semarakkan HUT RI

77
0
SHARE

BHARATANEWS.ID |  BOGOR– Kondisi fisik Mitha (6) yang tidak sempurna bukan penghalang. Semangat tetap bergelora. Dia terus berlari memindahkan bendera dari botol ke botol, berusaha menjadi juara. Meski sangat melelahkan, wajahnya tetap bahagia.

Mitha adalah penyandang disabilitas yang mengenyam pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Wanita Kota Bogor. Ini pengalaman baru bagi dia. Selain memasukkan bendera ke dalam botol, dia juga mengikuti beberapa lomba lain yang digelar di sekolahnya.

Sikap Mitha seakan menegaskan bahwa kemeriahan perayaan HUT Republik Indonesia bukan hanya milik segelintir orang. Semua warga negara Indonesia berhak merasakannya. “Aku senang meski lelah,”

Pihak sekolah memang sengaja merancang prosesi perayaan HUT RI untuk para muridnya. Selama tiga hari, semua anak dari jenjang SD hingga SMA diajak berpartisipasi merasakan semangat kemerdekaan melalui serangkaian lomba.

“Ada lomba memakai baju, menyusun puzzle, serta beragam lomba yang lazim digelar, seperti lomba makan kerupuk, memasukkan air ke dalam botol, estafet memindahkan air dengan gelas, pukul balon air, lari memindahkan bendera, menangkap belut, dan joget balon,” terang Kepala Sekolah SLB Dharma Wanita Kota Bogor Henny Haeriny.

Namun, dalam pelaksanaannya, lomba tetap disesuaikan dengan kondisi anak. Sejatinya, ini hanya sebagai bentuk pendidikan yang disajikan dengan metode berbeda. Dengan harapan, anak memiliki rasa sportivitas tinggi, mandiri, semangat, dan kreatif.

“Seperti lomba memakai baju, mungkin di tempat lain anak-anaknya tidak ada yang ditantang lomba seperti ini. Tetapi dengan lomba memakai baju, kita dapat melihat sejauh mana bina diri anak-anak,” ungkapnya, Sabtu (20/8/2016).

Tidak hanya untuk murid, ada juga lomba-lomba yang dikhususkan untuk para tenaga pendidik, seperti lomba baca puisi dan pagelaran angklung. Henny berharap, muridnya bisa meraih kesuksesan. Tidak terpuruk dengan kondisi fisiknya.

“Saya juga berharap sekolah ini bisa bertambah maju dan mampu memberikan kontribusi positif bagi negara,” pungkasnya.

(infonitas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here