Dinsosnakertrans Kab Bogor Gelar Pelatihan Keterampilan

80
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bogor akan menggelar 12 jenis pelatihan keterampilan di Balai Latihan Kerja (BLK) untuk masyarakat kurang mampu.

Ke-12 pelatihan itu yakni pelatihan las, montir motor, tata rias, menjahit, servis ponsel, instalasi listrik, teknik pendingin, tata boga, teknik dasar komputer, elektronik, bordir komputer, dan mobil bensin.

Pelatihan ini merupakan bagian dari progam pengentasan kemiskinan di Bumi Tegar Beriman. Diketahui, jumlah warga miskin di Bogor mencapai lebih dari satu juta jiwa.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Bogor Yous Sudrajat mengatakan, ada 1.600 orang yang akan mendapatkan bantuan pelatihan ini. Sebanyak 640 orang dilatih di BLK dan 960 orang lainnya akan dilatih di desa masing-masing.

“Untuk pelatihan di BLK dibagi dalam 8 gelombang dengan masing-masing gelombang diikuti 80 orang yang mengikuti 8 jenis pelatihan. Sedangkan 960 orang yang mengikuti pelatihan di desa atau mobil traininng unit diajari keterampilan tata boga, teknik dasar komputer, elektronika, bordir komputer, dan mobil bensin,” kata Yous, Jumat (19/08/2016).

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ini mengaku sudah meminta kepada para camat untuk segera mengajukan daftar peserta pelatihan.

“Agar tak salah sasaran, saya tegaskan bahwa peserta pelatihan harus benar-benar dari keluarga tak mampu,” tegas Yous.

Dia melanjutkan, 12 jenis pelatihan keterampilan ini berdasarkan usulan yang ada di musrembang, yang sebelumnya dikelola oleh Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Program pelatihan keterampilan pengentasan kemiskinan ini mungkin yang terbaik di tingkat Kabupaten atau Kota. Karena selama saya kunjungan kerja ke wilayah lain, saya tidak menemukan. Apalagi kita sudah membuat jejaring dengan manajemen hotel atau pihak swasta lain untuk penyaluran kerjanya,” pungkasnya.

[inilahkoran.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here