“Jumat Ngangkot”, Program Apa Tuh?

83
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BANDUNG – Program “Jumat Ngangkot” yang digagas Pemerintah Kota Bandung ternyata masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Sosialisasi harus terus dilakukan agar program ini bisa memiliki gaung dan tidak hilang begitu saja.

Seperti diungkapkan seorang warga, Leni (42) yang mengaku belum tahu tentang program tersebut. “Saya pernah mendengar hal ini, tetapi tidak tahu apakah sudah diterapkan atau belum,” ujar warga Kiaracondong tersebut, Jumat 19 Agustus 2016.

Menurut dia, program tersebut sangat bagus untuk mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di jalanan Kota Bandung terutama pada pagi dan sore hari. Namun, dirinya juga mengaku tidak tahu apakah program tersebut diikuti dengan perbaikan sarana transportasinya. Apalagi, sepengetahuan dirinya kondisi angkutan kota di Kota Bandung masih banyak yang tidak layak.

“Kalau saya ditanya mau atau tidak naik angkot ya tergantung. Saya sendiri lebih nyaman naik sepeda motor saat ini karena lebih cepat. Kalau angkot kan terkadang sopirnya ngetem lama,” katanya.

Sementara itu, warga lainnya Dwi Permana (32) mengatakan, program “Jumat Ngangkot” harus diikuti perbaikan pelayanan angkutan kota itu sendiri. Selama hal itu tidak dibenahi maka ia pesimistis program itu bisa berjalan efektif.

“Mungkin baru TMB yang lumayan. Untuk angkot kesannya memang tidak nyaman. Ngetem, mobilnya butut, sopir ugal-ugalan seringkali banyak dikeluhkan. Kalau itu tidak diperbaiki masyarakat juga enggan naik angkot kecuali terpaksa,” tuturnya.

Program “Jumat Ngangkot” diluncurkan ‎Pemerintah Kota Bandung di Jalan LLRE Martadinata Kamis 18 Agustus 2016. ‎Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, “Jumat Ngangkot” merupakan upaya Pemerintah Kota Bandung mengurangi kemacetan. Minimal setiap Jumat, warga pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkot. Program itu sekaligus menjadi momen bagi angkot berbenah diri agar menarik kembali minat naik angkot warga.

Sebagai iming-imingnya, dalam seminggu akan dibagikan 10 hadiah kaos bagi mereka yang ‎mengirimkan swafoto terbaik di angkot. Warga bisa mengirim ke twitter @bdgecotransport.

(pikiran-rakyat.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here