3 Dari 4 Pimpinan DPRD tak Hadir, Paripurna Nyaris Batal

79
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BANDUNG – Pelaksanaan nonton bareng pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada sidang tahunan MPR menjelang HUT ke-71 Kemerdekaan RI dalam paripurna nyaris batal di gedung DPRD Kota Cimahi Jalan Dra. Djulaeha Karmita Kota Cimahi, Selasa 16 Agustus 2016. Tak satupun kehadiran pimpinan dewan di lokasi, Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi Santoso Anto akhirnya muncul meski nyaris terlambat.

Kegiatan nonton bareng dijadwalkan mulai sekitar pukul 9.00 WIB, deretan kursi legislatif cukup terisi namun jajaran kursi pimpinan di bagian depan terlihat melompong. Saat kegiatan hendak dimulai, hanya satu pimpinan yang hadir yaitu Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi Santoso Anto dan memimpin jalannya paripurna.

Sementara, tiga pimpinan lainnya, yakni Ketua DPRD Kota Cimahi, Achmad Gunawan serta Wakil Ketua Agus Solihin dan Bambang Purnomo mangkir dari acara sakral tersebut. Tahun lalu, Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan dan Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi Bambang Purnomo juga tidak hadir dalam gelaran yang sama dengan alasan sakit.

Sekretaris Dewan DPRD Kota Cimahi, Budi Raharja menjelaskan, mangkirnya para pimpinan dewan dikarenakan berbagai alasan. “Pak Ketua Achmad Gunawan beliau persiapan berangkat haji, jadwal hari ini manasik haji,” ungkapnya. Sedangkan, alasan ketidakhadiran Wakil Ketua Bambang Purnomo sedang ada kegiatan politik. “Pak Bambang, izin sedang melaksanakan survei terkait Pilkada,” bebernya.

Pimpinan lainnya, yaitu Agus Solihin, lanjut Budi, sempat mengkonfirmasi akan hadir. “Pak Agus Solihin, informasinya yang kami dapat tadi sedang perjalanan ke sini, tapi sampai tadi kita nunggu tidak hadir,” ucapnya.

Untuk kehadiran anggota DPRD Kota Cimahi, dari 45 wakil rakyat, tercatat 31 anggota yang hadir. Perihal alasan mangkirnya mereka, Budi mengaku belum tahu persis.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Cimahi, Barkah Setiawan menyayangkan mangkirnya tiga pimpinan dewan pada gelaran nonton bareng Pidato Presiden RI Jokowi Widodo dalam agenda Rapat Tahunan MPR RI tahun 2016. Mengomentari pidato yang disampaikan oleh Joko Widodo, dia menilai banyak hal penting yang harus jadi perhatian bersama legislatif dan eksekutif demi kemakmuran masyarakat.

“Ada satu kalimat yang sungguh luar biasa yaitu bahwa kita selaku legislatif jangan selalu sering kunjungan keluar. Jadi, saya kira Indonesia akan maju ke depannya kalau misalnya legislatif eksekutif sama-sama diperhatikan,” tuturnya.***

  • pikiran-rakyat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here