Razia Gabungan Tingkatkan Kesadaran Uji KIR

116
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Puluhan angkutan umum (angkot) berhasil dijaring dalam operasi gabungan yang digelar Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) bersama Polres Bogor Kota didampingi Denpom III/1 Bogor, belum lama ini. Puluhan kendaraan angkutan umum, mulai angkutan kota (angkot), mobil pengangkut barang, dan bus antar kota antar provinsi, ditindak sehingga berdampak pada peningkatan kesadaran uji KIR.

Mayoritas kendaraan yang berhasil dijaring didominasi angkot sebanyak 50 unit. Sekitar 20 unit sisanya berbagai jenis mobil barang dan bus. Operasi gabungan dilakukan di empat titik, Jalan Djuanda samping Kantor Pajak Pratama Bogor, Jalan Paledang, Jalan Simpang Asem, dan kawasan Taman Topi Jalan Kapten Muslihat.

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian dan Penertiban (Daltib) DLLAJ Kota Bogor Empar Suparta mengatakan, operasi merupakan giat rutin yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Objek atau target setiap operasi adalah semua jenis angkutan umum termasuk becak.

“Pemeriksaan yang dilakukan meliputi Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), hingga buku KIR (bukti uji kelaikan kendaraan). Kita ingin mengajarkan supaya masyarakat tertib berkendara dan admintrasi. Hal itu berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan pengemudi atau penumpang,” kata Empar saat ditemui INILAH, Kamis (4/8).

Salah satu penguji KIR di DLLAJ Kota Bogor Kudi Kusdi mengatakan, setelah giat operasi gabungan, kendaraan yang melakukan uji KIR bertambah cukup banyak. Operasi telah meningatkan kesadaran pemilik kendaraan angkutan dan pengangkut barang. “Kalau biasanya 30 sampai 40 kendaraan per hari, setelah giat gabungan bisa mencapai 50 kendaraan per hari,” jelasnya.

Kurdi menuturkan, uji KIR dilakukan setiap 6 bulan sekali secara rutin. Uji KIR akan mengurangi resiko kendaraan mengalami kecelakaan karena telah melalui kelaikan jalan. “Untuk itu masyarakat harus mau melakukan uji KIR,” tuturnya. (inilahkoran.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here