Kisruh Percaloan Siswa Titipan, Orang Tua Ancam Laporkan Oknum ke Polisi

124
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | DEPOK – Sejumlah orang tua siswa mengancam akan melaporkan oknum-oknum yang bermain dalam percaloan PPDB ke polisi, pasalnya mereka mengaku sudah mengeluarkan uang hingga belasan juta rupiah namun anaknya tetap gagal masuk sekolah negeri.

“Kami akan melaporkan ke Polisi Depok jika uang yang diminta tak dikembalikan dalam waktu dekat,” kata salah satu orangtua murid,Yana, warga Sukmajaya, Depok, Jumat (5/8).

Dia merasa ditipu oleh oknum yang menjanjikan anaknya akan diterima di salah satu sekolah negeri di Depok. Tapi kenyataannya sampai pengumuman dan siswa mulai masuk sekolah yang dijanjikan nama anaknya tidak ada dalam daftar.

“Saya punya nama-namanya, ada oknum anggota DPRD, LSM dan wartawan,” ujarnya.

Sementara Walikota Depok, Muhammad Idris didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Herry Pansila, mengatakan masalah penerimaan murid baru sudah sesuai aturan. Apalagi PPDB kali ini semua melalui online sehingga orang yang tidak berkepentingan sulit mengakses.

“Yang jelas untuk kuota baru setelah penerimaan siswa selesai tak mungkin dibuka lagi,” ujarnya.

Ditempat berbeda, anggota DPRD Depok dari Komisi D Bidang Pendidikan, Sahat Farida Berlian merasa geram dengan prilaku sebagian oknum anggota DPRD Depok yang diduga terlibat jadi calo siswa titipan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Secara pribadi saya menentang keras praktik titip menitip siswa ke sekolah negeri. Karena ini memalukan,” ujar Sahat, Jumat (5/8).

Sahat tak menampik adanya praktik siswa titipan yag dilakukan sejumlah oknum tak bertanggungjawab. Satu siswa titipan harus membayar sejumlah uang berkisar Rp 5 juta – Rp 10 juta untuk masuk sekolah negeri yang diinginkan. Oknum calo siswa titipan diduga dilakukan oleh sebagian anggota DPRD, LSM dan wartawan

“Praktik titip menitip siswa ke sekolah negeri di Depok sudah terjadi sejak lama. Saya berharap tahun depan praktik tersebut tidak terjadi lagi,” harapnya. (depokpos.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here