Siapa Cagub DKI Jakarta yang Diusung PDI-P?

104
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Keputusan PDI-P merupakan satu hal yang ditunggu-tunggu menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Apakah partai dengan jumlah kursi terbanyak di DPRD DKI itu akan mendukung Gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atau mengusung calon sendiri dan berkoalisi dengan partai lainnya?

Keputusan akan hal itu akan diumumkan setelah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri memutuskan siapa cagub yang diusung PDI-P.

Penolakan internal

Namun suara kader yang berada di DPD PDI-P DKI Jakarta sudah bulat. Mereka menetapkan untuk tidak mendukung Ahok. Pelaksana tugas Ketua DPD PDI-P DKI Bambang DH siap pasang badan untuk kader di tingkat Provinsi DKI Jakarta itu.

Bambang mengacu kepada hasil reses anggota Fraksi PDI-P di DPRD DKI. Sebanyak 28 anggota Dewan turun ke masyarakat sambil menyerap keinginan soal pemimpin mereka. Kata Bambang, hasil reses menyatakan mayoritas masyarakat sudah tidak menginginkan Ahok.

“Saya sebagai pimpinan di PDI-P DKI, saya sudah laporkan ke Bu Ketum (Megawati). Bu Ketum, saya sudah dengar suara rakyat, mayoritas sudah tidak menghendaki incumbent ini,” ujar Bambang, dalam acara pelantikan kader di Kantor DPD PDI-P DKI, Jalan Tebet Raya, Jakarta Selatan, Minggu (31/7/2016).

Dengan adanya hasil reses itu, Bambang merasa wajib untuk memperjuangkannya. Namun, kata Bambang, dia tidak bisa berjuang sendirian.

Bambang mengajak seluruh kader PDI-P di DKI untuk ikut memperjuangkan kehendak warga Ibu Kota yang tidak menginginkan Ahok kembali menjadi gubernur.

Karena itu, Bambang mengajak kader untuk tidak takut dan ragu. Dia siap pasang badan terhadap segala risiko.

“Di DKI yang bertanggung jawab saya, jadi enggak usah takut-takut. Nanti kalau dipecat ya yang dipecat kan saya. Kalau kalian ragu-ragu, itulah sumber kekalahan. Saya harap enggak ada yang ragu. Kalau ragu, semua pulang saja,” ujar Bambang.

Tarik ulur

Namun, PDI-P di tingkat DPP masih memberi harapan kepada Ahok. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya telah mengerucutkan enam nama yang kemungkinan akan diusung di Pilgub DKI 2017.

Dari keenam nama tersebut, Ahok masuk ke dalam daftar tersebut.

“Ada enam nama dari hasil pemetaan politik kami, Ahok (Basuki) masuk di dalam daftar tersebut,” ujar Hasto.

Pernyataan Hasto sempat dibenarkan Ahok. Ahok mengaku namanya masuk ke dalam daftar enam nama yang diusulkan DPP PDI-P kepada Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Namun, Bambang DH yang juga Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI-P membantah soal itu. Dia yakin nama Ahok tidak termasuk dalam 6 nama hasil pengerucutan.

“Saya ketua bapilu, setahu saya di DPP enggak ada penyerahan nama itu. Saya enggak tahu ada nama Pak Ahok di dalamnya tuh,” ujar Bambang.

Belakangan, Ahok meralat ucapannya. Dia mengatakan namanya tidak termasuk dalam 6 daftar tersebut karena tidak pernah mendaftar sejak awal.

“Rupanya itu yang daftar, kalau saya kan enggak daftar,” ujar Ahok.

Keputusan akhir PDI-P masih dinanti. Akankah PDI-P mendukung Ahok? Kita lihat saja.

  • tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here