RIBUAN CALHAJ KABUPATEN BOGOR IKUTI PRAKTEK HAJI MASSAL

99
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pelaksanaan Musim Haji tahun 2016 tinggal menghitung hari, untuk memantapkan persiapan keberangkatan musim haji pada tahun ini sebanyak 2.811 calon Jemaah haji (calhaj) kabupaten Bogor mengikuti praktek manasik haji massal di lapangan Tegar Beriman.

Plt. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kab Bogor Deden Effendi mengungkapkan, pelaksanaan praktek merupakan hak bagi para Calhaj dan kewajiban Kemenag untuk menyelenggarakannya. “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kewajiban kami memberikan pemahaman dan keilmuan soal haji bagai para Calhaj yang hendak berangkat ke Mekkah,” kata Deden.

Lebih jauh dia mengatakan, Manasik haji dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Tujuan dari diadakannya manasik haji, tambah dia, untuk mempermudah calhaj dalam memahami tentang ibadah haji baik secara teoritis maupun praktis sehingga diharapkan menjadi calon Jama’ah Haji yang mandiri dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.

”Tentu kita ingin para calhaj ini nanti tertib dalam menjalan syarat dan rukun haji, makanya praktek seperti ini kita berikan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Forum KBIH Kabupaten Bogor Syamsudin mengatakan, KBIH di Kabupaten Bogor mendukung kegiatan praktek haji seperti ini bagi para calhaj, karena bisa memberikan gambaran mengenai seluruh rangkaian ibdah haji ketika berada di Mekah.

”Kami kira banyak manfaatnya, seperti dapat memberikan pemahaman mana yang wajib, rukun, sunah, dan haram saat melaksanakan ibadah haji. Dan dapat mengetahui kondisi Makkah dan Madinah yang akan berguna untuk persiapan ibadah haji nantinya,” kata Syamsudin.(rul)

  • bogoronline.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here