Telkomsel Siagakan BTS Mobile Combat 4G LTE di Titik Destinasi Wisata

115
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Sukses menggelar pengamanan lonjakan trafik komunikasi di momen mudik dan arus balik Lebaran, Perusahaan Kita juga telah melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk menghadapi lonjakan trafik khususnya komunikasi data untuk melayani kebutuhan pelanggan yang akan menikmati masa libur khususnya pasca Lebaran di sejumlah titik destinasi wisata di wilayah operasional Area Jabotabek dan Jabar.

Antisipasi dengan memperkuat kualitas jaringan dan penyediaan titik Posko Layanan selama momen Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2016 tidak hanya dipusatkan di titik transit tempat berkumpulnya para pemudik, seperti Rest Area, Terminal, Stasiun dan Pelabuhan, namun juga di sejumlah titik destinasi wisata seperti pusat perbelanjaan atau Mall, taman rekreasi, obyek wisata alam seperti pantai, taman hiburan, serta resort/ tempat penginapan yang biasanya dimanfaatkan para pelanggan baik yang merupakan pemudik maupun yang tidak mudik untuk berlibur bersama keluarga atau kerabat menikmati masa liburan pasca Lebaran.

Di wilayah operasional Area Jabotabek dan Jabar sendiri, Perusahaan Kita telah mendeteksi sekitar 128 titik destinasi wisata yang menjadi Point Of Interest (POI) yang akan mengalami lonjakan trafik komunikasi pada masa libur Lebaran mulai tanggal 6-17 Juli 2016 nanti, terutama pada saat memasuki akhir pekan.

Untuk itu, sebagai langkah awal mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, terutama layanan data yang akan banyak digunakan oleh para pelanggan untuk mengakses internet dan social media baik untuk unduh foto maupun streaming, sejak awal Ramadhan Perusahaan Kita telah menyiagakan sejumlah compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS 4G di lokasi destinasi wisata, seperti di Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Pantai Sawarna Banten, Pantai Anyer dan Carita, obyek wisata Ujung Genteng, Taman Rekreasi Lembang, dan Pantai Pangandaran.

Perusahaan Kita telah memprediksi puncak lonjakan trafik komunikasi di titik destinasi wisata wilayah operasional Area Jabotabek dan Jabar terjadi pada akhir pekan kemarin yaitu pada tanggal 9 dan 10 Juli 2016. Pada momen tersebut, di wilayah Jabotabek kenaikan trafik komunikasi data tertinggi terjadi di obyek wisata Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak-Banten, dengan kenaikan mencapai 878% dan obyek wisata Ujung Genteng di Sukabumi yang mencapai 170% dibandingkan hari biasa.

Sedangkan di wilayah operasional Regional Jawa Barat, dari 22 titik destinasi wisata yang telah dideteksi Perusahaan Kita akan menjadi tempat favorit pelanggan menikmati libur Lebaran, kenaikan trafik komunikasi data tertinggi dikontribusi dari obyek wisata Darajat di Garut sebesar 428% serta wisata alam Kawah Putih dan Situ Patenggang di Bandung Selatan yang mencapai 443%.

Untuk penempatan BTS Mobile Combat Telkomsel di titik destinasi wisata, trafik penggunaan layanan data tertinggi terjadi di titik obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah untuk wilayah Jabotabek, sedangkan di Jawa Barat trafik layanan data BTS Mobile Combat tertinggi dikontribusi dari titik obyek wisata Pantai Pangandaran.

Tren pelanggan yang sudah mengoptimalkan layanan data untuk menikmati komunikasi selama liburan di obyek wisata juga telah diantisiasi Perusahaan Kita dengan menghadirkan sejumlah Posko Wisata Telkomsel Siaga yang menyediakan beragam produk dan layanan mulai dari yang kebutuhan dasar seperti penjualan kartu perdana dan isi ulang hingga layanan penjualan paket internet dengan kuota khusus, serta aktivasi digital money TCASH dan migrasi uSIM 4G LTE Telkomsel yang cukup mendapat sambutan yang baik dari pelanggan yang memanfaatkan kehadiran Posko Wisata Telkomsel Siaga tersebut untuk kenyamanan berkomunikasi selama menikmati liburan.

Selama momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini juga, secara kualitas tingkat keberhasilan untuk delivery layanan komunikasi juga secara umum baik. Tingkat kesuksesan layanan data dan SMS mencapai lebih dari 99%, sementara tingkat kesuksesan layanan suara di atas 98%. Hadirnya 76 unit BTS Mobile Combat, di mana 19 di antara berada wilayah operasional Area Jabotabek dan Jabar, terbukti sukses mengantisipasi kebutuhan tambahan kapasitas jaringan guna meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Menyambut momen Lebaran tahun ini, sebelumnya Perusahaan Kita telah melakukan optimalisasi dan peningkatan kualitas jaringan mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran, diantaranya dengan membangun 623 base transceiver station (BTS) baru dan memodernisasi 486 BTS. Selain itu, Telkomsel juga meng-upgrade 1.052 BTS serta 75 base station controller (BSC) dan radio network controller (RNC).

BTS_MerahPutih_2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here