Digugat Warga, Ketua DPRD Hadir di Pengadilan Negeri Cibinong

95
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR -Selama ini jarang sekali pimpinan daerah, baik itu Gubernur, Bupati, Walikota atau Ketua DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota, hadir sebagai para pihak dalam sidang gugatan perdata di pengadilan, justru biasanya mereka menunjuk kuasa hukum.

Tapi kali ini berbeda di Pengadilan Negeri Kelas IB Cibinong, Bogor. Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi (Jaro Ade) menghadiri langsung sidang gugatan warga terhadap Pemkab Bogor dan DPRD Kabupaten Bogor.

Sidang gugatan ini terkait kerusakan ruas jalan di sembilan area yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Seperti kawasan Cibinong, Citeureup, Bojonggede, Gunungsindur, Leuwiliang, Sentul, sampai Gunungputeri.

Setelah sidang mediasi, Jaro Ade menyatakan kehadirannya ini merupakan bagian dari tanggung jawabnya sebagai pimpinan daerah. Ia harus menjelaskan langsung kepada para penggugat yang nota bene mewakili sebagian warga masyarakat Kabupaten Bogor, tentang keterlambatan pembangunan infrastruktur ruas jalan di wilayahnya. Dengan penjelasan itu ia berharap penggugat dapat memahaminya.

“Ini lebih karena persoalan teknis lambatnya proses lelang, sedangkan rencana pembangunan untuk wilayah tersebut sebenarnya sudah teranggarkan,” ujar Jaro Ade, di Pengadilan Negeri Cibinong, Bogor, Selasa (26/7).

Jaro Ade memuji langkah warga dengan melakukan gugatan hukum, bukan dengan cara anarkisme. Langkah itu adalah bentuk sosial kontrol masyarakat terhadap pemerintah. Ke depan ia berharap Pemkab Bogor harus lebih sigap lagi dalam melaksanakan proyek pembangunan infrastruktur terutama ruas jalan di wilayahnya yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Sementara itu, kuasa hukum warga yang menggugat Pemkab Bogor,  Zentoni mengapresiasi atas kooperatifnya Ketua DPRD berserta perwakilan dari masing-masing tergugat dalam menghadapi gugatan yang dilayangkannya.

“Saya sangat senang atas kehadiran Ketua DPRD, biarpun yang saya harapkan semuanya tidak hadir,” kata Zentoni

Ia berharap tindakan seperti ini bisa menjadi contoh pejabat lainnya, agar masyarakat bisa mengetahui keberanian seorang pemimpin di daerah dalam mempertanggungjawabkan kinerjanya dihadapan masyarakat.

  • gatranews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here