Menteri, Rektor IPB dan Walikota Bersama Alumni Bersihkan Bogor

94
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Ribuan orang alumni IPB dari Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) akan Bebersih Bogor. Kegiatan Aksi Hijau Nusantara (AHN 2016) para alumni ini bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Nelly Oswiny, Sekjen Himpunan Alumni IPB dalam rilisnya mengatakan, kegiatan AHN, para alumni IPB ini, wujud sebuah kelompok relawan kebersihan dalam menjaga keindahan Kota Bogor sebagai kota istirahat.

Acara ini akan berlangsung Minggu (31/7) mendatang. Bakti sosial ini dimulai pukul 06.00 WIB pagi, yang berpusat di Lapangan Kodim 0606 Kota Bogor.

“Seraya melakukan aksi, semua relawan kebersihan juga akan mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sekaligus mensosialisasikan tata cara pengelolaan sampah dengan konsep Lubang Biopori dan 3R (Reduce, Reuse, Recycle),”kata Nelly Oswini.

Tujuan utama program ini sendiri yakni, perubahan gaya hidup anak-anak, mahasiswa, generasi muda dan masyarakat Bogor dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Misi acara ini menurut Nelly, mendorong tercapainya gaya hidup sehat dan hijau di kalangan masyarakat Bogor, mengurangi penggunaan plastik, botol, styrofoam dan bahan-bahan sekali pakai.

”Kami ingin memberikan inspirasi bagi generasi muda, untuk menjaga lingkungan dalam berapresiasi, berekspresi, dan bereksplorasi terhadap potensi bumi,”ujarnya. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dijadwalkan akan hadir bersama Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto Rektor IPB, Prof Herry Suhardiyanto, alumni IPB dan masyarakat.

Seluruh peserta dan relawan kebersihan akan mendapatkan ecobag yang berisi air minum, snack, kaos, materi edukasi yang dapat di sebarkan kembali ke masyarakat.

Berbagai kegiatan AHN 2016 yang menyertai program tersebut yakni, penghijauan, dengan penanaman pohon buah dan pohon pelindung di Kota Bogor, gowes sehat, bersepeda untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Acara bersepda bertempat di lapangan Kodim 0606 Bogor.

Selain itu ada operasi plastik, yaitu. melakukan penukaran kantong keresek dan bersih-bersih sampah plastik, yang bertempat di DPD HA-IPB se-Indonesia.

Lalu Sahabat Biopori, yakni, pembuatan lubang biopori yang bertempat dilingkungan Kodim 0606 Bogor serta AHN Expo, kegiatan Expo berbagai produk daur ulang dari sampah.

“Acara AHN 2016 ini diramaikan dengan kehadiran Artis Lingkungan Hidup seperti Nugie, band alumni,”kata Belly.
(yopi/sir/poskotanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here