Depok Akui Kesulitan Gelar Operasi Yustisi di Apartemen

96
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | DEPOK – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memastikan akan melakukan operasi yustisi pekan depan atau akhir Juli ini, untuk mendata pendatang baru dan warga yang sudah tinggal lama di Depok namun tak berKTP Depok.

Operasi akan digelar di wilayah yang banyak ditemui kontrakan, kosan dan semua apartemen di Depok.

Kepala Disdukcapil Depok Misbahul Munir menuturkan operasi yustini ini juga untuk mendata warga negara asing (WNA) yang bermukim di Depok.

Karenanya kata dia sejumlah apartemen dam kosan menjadi salah satu sasaran selain pemukiman yang kerap dihuni pendatang baru karena banyak ditemui kontrakan.

“Persiapan dan perencanaan sudah kami lakukan. Operasi juga untuk mendata jumlah WNA di Depok,” kata Munir, Jumat (22/7).

Menurut Munir kendala utama yang akan dihadapi pihaknya dalam operasi ini adalah saat operasi dilalukan di sejumlahapartemen di Depok.

Sebab kata dia sebagian besar pengelola apartemen petugas keamanan apartemen bersikap tertutup terhadap mereka terkait hal ini.

“Kami akui, agak sulit melakukan pendataan di apartemen. Karena banyak apartemen, pihak manajemennya tertutup dan tak mau bekerja sama. Karenanya kita akan coba terus lakukan pendekatan saat persiapan ini,” kata Munir.

Menurut Munir saat ini ada sedikitnya sebelas apartemenyangyanga ada di Depok dimana sebagian besar berada di Jalan Margonda Depok dan beberapa di Cinere.

Saat operasi digelar, kata Munir, pihaknya akan bekerjasama dengan kepolisian dan TNI untuk memperlancar operasi.

Ia mengatakan bagi warga pendatang dan warga yang belum berKTP Depok nantinya akan diminta untuk membuat Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) sebagai identitas sementara diDepok yang berlaku selama 6 bulan.

Caranya kata dia dengan melapor dahulu ke RT, RW dan Lurah serta membawa KTP daerah asal.

Sedangkan bagi WNA yang belum memiliki identitas pendudukDepok, kata Munir selain wajib melengkapi administrasi keimigrasian juga akan diminta membuat SKTT ini.(bum)

-wartakota.tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here