Google Map Transit Jadi Bentuk Berikutnya dari Layanan TransJakarta

552
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI –¬†¬†TransJakarta bersama Google secara resmi mengumumkan fitur Transit pada aplikasi Maps, menyuguhkan informasi perkiraan waktu kedatangan bus di halte yang dipilih.

Kerja sama ini menjadi salah satu cara yang dipilih TransJakarta dalam menghadirkan pelayanan yang lebih baik dan menyesuaikan dengan perkembangan tren teknologi.

“Kerja sama ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan TransJakarta, karena mereka dapat mengakses informasi yang akurat seputar waktu perjalanan mereka kapan saja lewat Google Maps Transit,” ujar Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Budi Kaliwono, saat ditemui di Ms. Choo Restoran, Jakarta, hari ini, Kamis (21/7/16).

Proses untuk mencapai kesepakatan kerjasama antara TransJakarta dan Google, diakui Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia, Shinto Nugroho, tidak berlangsung lama.

Shinto menyebut hal ini dipermudah dengan ketersediaan infrastruktur informasi GPS dan kamera memadai, yang telah dimiliki oleh pihak TransJakarta.

Untuk saat fitur ini baru dapat menampilkan informasi terkait bus TransJakarta, dan belum termasuk bis Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus TransJakarta (APTB), Kopaja, Mayasari dan Damri yang turut memanfaatkan jalur dan halte bus TransJakarta.

Namun, Shinto menyebut, kerjasama ini tidak akan berhenti di TransJakarta dan akan menghadirkan moda transportasi lain, termasuk bus-bus tersebut.

Sementara itu, pihak TransJakarta masih terus mengembangkan sistemnya untuk meningkatkan tingkat akurasi estimasi waktu kedatangan bus. Hal ini, jelas Budi, dikarenakan jalur khusus bus TransJakarta yang tersedia masih belum sepenuhnya steril atau masih terganggu oleh kendaraan non-TransJakarta di beberapa persimpangan.

Upaya sterilisasi ini, lanjut Budi, juga telah mendapat dukungan dari pihak Dinas Perhubungan, Kepolisian Lalu Lintas, dan PolPP.

Untuk saat ini, sebanyak 12 koridor dengan 68 rute TransJakarta di seluruh Jakarta telah tercakup oleh fitur Transit ini. Budi juga menambahkan, hingga saat ini, TransJakarta telah mengoperasikan sebanyak 800 bus per hari untuk memenuhi kebutuhan penumpang.

Sementara itu, Budi menyebut, berdasarkan laporan terakhir yaitu per Juni 2016, TransJakarta telah melayani penumpang sebanyak 10,2 juta per bulan, atau 340 ribu lebih per harinya.

(metrotvnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here