Atasi Pencemaran Sungai, Bekasi Kerjasama dengan Bogor

75
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pemkot Bekasi jalin kerjasama dengan daerah lain untuk mengantisipasi pencemaran sungai. Pasalnya, dampak pencemaran seringkali merepotkan wilayah lain.

“Kita sudah menjalin kerjasama dengan Pemkab Bogor. Kalau ada dugaan pencemaran itu dari perusahaan di wilayah Bogor maka segera direspon,” kata Sopandi Budiman.

Hal ini disampaikan menjawab adanya informasi sungai yang melintas Kota Bekasi sering tercemar. Pencemaran bisa ditandai dengan kualitas air sungai yang hitam atau sampah di sepanjang sisi kali.

“Kalau perusahaan itu di wilayah kita, maka kita akan tegur dan ditindak. Tapi kalau di wilayah lain maka akan kita koordinasi dengan Pemda terkait,” katanya.

Sopandi menyebut teguran dilakukan setelah ada indikasi. Juga, dilakukan pemeriksaan melalui laboratorium.

Menyinggung Piala Adipura, Sopandi mengatakan saat ini Pemkot Bekasi tengah berjuang agar pada Maret 2017 bisa meraih Piala Adipura.

Hal ini juga disampaikan menanggapi banyaknya sampah di Curug Parigi. Curug atau air terjun ini berada di ruas Kali Cileungsi yang kondisi air sering kotor dan hitam. Selain itu sampah plastik juga menumpuk di sepanjang tepi sungai.

“Sampah yang terbawa air dari ujung lalu menyangkut di sisi kali,” kata Haman, warga di sekitar curug.

Sebenarnya potensi curug ini sangat bagus untuk lokasi wisata. Hanya saja menjadi tidak menarik karena banyaknya sampah di hampir setiap sudut kali. (chotim)

(poskotanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here