Mulai 25 Juli Lapangan Sempur di Bogor Ditutup Sementara Selama Tujuh Bulan

115
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, menutup sementara operasional Lapangan Sempur selama hampir tujuh bulan terhitung mulai 25 Juli sampai Februari 2017.

“Karena akan dilakukan revitalisasi Lapangan Sempur, selama pengerjaan ditutup sementara,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Balai Kota Bogor, Selasa.

Bima mengatakan, revitalisasi Lapangan Sempur sudah sangat mendesak. Pihaknya banyak menerima laporan dari masyarakat terkait kondisi lapangan tersebut yang sudah tidak representatif lagi baik untuk berolahraga, kumuh dan kotor.

“Warga banyak yang melapor kondisi Lapangan Sempur sudah memprihatinkan, oleh raga tidak bisa, kumuh, kotor, banyak PKL, dan kalau malam suka digunakan buat mojok serta mesum,” katanya.

Menurut dia, Lapangan Sempur sebagai bagian dari kawasan utama pusat kota yang harus ditata dan dibenahi, sekaligus untuk menambah fasilitas olah raga di Kota Bogor.

“Lelang sudah selesai, selama pembangunan kegiatan masyarakat yang biasanya ramai Sabtu dan Minggu kita tiadakan dulu. Sempur akan ditutup selama lima bulan pengerjaan, ditambah dua bulan pemeliharaan,” katanya.

Dengan ditutupnya Lapangan Sempur, lanjut Bima, tidak hanya aktivitas warga yang biasa berolahraga atau kumpul-kumpul di lapangan tersebut yang dihentikan sementara. Tetapi juga pelaksanaan upacara 17 Agustus yang biasanya dilaksanakan di lokasi tersebut.

“Untuk 17 Agustus akan dipindahkan, ada dua alternatif yakni GOR Pajajaran, atau di Pusdikzi,” kata Bima.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor Yadi Cahyadi menjelaskan, revitalisasi Lapangan Sempur berasal dari dana APBD dengan nominal Rp2.242.147.763,00 yang dikerjakan oleh CV Sarana Mustika Abadi.

“Latar belakang revitalisasi Lapangan Sempur karena ini salah satu ruang terbuka yang menjadi tempat berkumpulnya warga, setiap Sabtu dan Minggu selalu padat. Kondisi saat ini warga harus berlomba dengan PKL untuk berolahraga,” katanya.

Yadi mengatakan, Lapangan Sempur sudah menjadi “landmark” atau ikon Kota Bogor, warga memanfaatkan lapangan tersebut untuk beraktivitas seperti duduk santai, ngobrol, makan dan minum serta berolahraga.

“Tema yang diusung dengan revitalisasi Sempur menjadikanLapangan Sempur sebagai penyatu seluruh taman-taman yang ada di Kota Bogor. Semua terefleksikan di Lapangan Sempur,” katanya.

Fasilitas yang ada di Lapangan Sempur lanjutnya, lapangan rumput hijau yang lebih rapi dan cantik, dengan tiang bendera permanen seperti di Istana Merdeka untuk kegiatan 17 Agustus, lintasan lari sepanjang 1.887 meter, pedestrian, jalur refleksi, plaza dan penanaman vegetasi.

“Kita akan bangun konsep ikonik Lapangan Sempur, dengan huruf SEMPUR yang diberi efek seperti air hujan,” katanya.(wartakota.tribunews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here