Festival Kopi Bogor Siap Digelar

97
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Festival kopi untuk pertama kalinya akan digelar di Kabupaten Bogor dengan tajuk Bogor Coffee Festival 2016. Sesuai namanya, festival yang digagas Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor ini digelar untuk menampilkan kopi-kopi khusus produksi Kabupaten Bogor.

Pasalnya selama ini, meski memiliki lahan dan hasil panen cukup besar, kopi dari Kabupaten Bogor yang didominasi arabika dan robusta tak banyak dikenal para pecinta kopi di Indonesia, apalagi dunia internasional.

Puncak kegiatan Bogor Cofee Festival 2016 akan digelar pada 6-7 Agustus. Membidik masyarakat umum khususnya keluarga, lokasi yang dipilih adalah Cibinong City Mall. Nantinya dalam acara tersebut, akan digelar beragam pameran yan mencakup kopi-kopi dari Kabupaten Bogor, peralatan tani dan olah kopi, serta data sejarah kopi. Dilakukan pula penilaian kualitas biji-biji kopi produksi asli Kabupaten Bogor oleh banyak ahli yang sudah bersertifikat. Setelah itu, kopi-kopi tersebut akan dilelang pada para pelaku industri kopi.

“Kami ingin perlihatkan bahwa Kabupaten Bogor juga punya kopi hasil produksi sendiri, banyak yang belum tahu itu, sekalipun para pegiat kopi. Nantinya diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani juga kalau kopi mereka sudah dikenal banyak orang, baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor, Siti Nurianty di kantornya, Rabu, 20 Juli 2016.

Sampai tahun 2015, Kabupaten Bogor tercatat memiliki area perkebunan kopi hampir 3.000 hektar. Terdiri dari 2.812 hektar kopi robusta dan 143 hektar kopi arabica. Dari total lahan-lahan tersebut, bisa dihasilkan lebih dari 2.400 ton biji kopi. Terdiri dari 2.328 ton kopi robusta dan 121,86 ton kopi arabica. Dari semua kegiatan perkebunan kopi tersebut, sebanyak 19.800 warga Kabupateb Bogor menggantungkan hidupnya.***

(pikiran-rakyat.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here