RSIA Sayang Bunda Bekasi Gelar Vaksinasi Ulang

125
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BEKASI – Kementerian Kesehatan (Kemkes) melakukan vaksinasi ulang terhadap anak-anak yang terpapar vaksin palsu di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sayang Bunda, Senin (18/7) siang. Ada sekitar 21 anak-anak yang akan dilakukan vaksinasi ulang pada hari ini.

“Hari ini, ada 21 anak yang dilakukan vaksinasi ulang,” ujar bidan RSIA Sayang Bunda, Dwi Anggraeni, Senin (18/7).

Keduapuluh satu anak tersebut, 20 di antaranya akan divaksin Pediacel dan satu anak diberikan vaksin ulang jenis Tripacel.

Dia menjelaskan, para orangtua korban vaksin palsu telah ditelepon semalam oleh petugas Kemkes untuk melakukan vaksin ulang di RSIA Sayang Bunda. “Sudah ada daftar anak yang akan melakukan vaksinasi ulang,” imbuhnya.

Sementara itu, orangtua korban penggunaan vaksin palsu mengatakan mendapat kabar sejak semalam, anaknya dilakukan vaksinasi ulang.

“Kami ditelepon semalam, katanya dari petugas Kementerian Kesehatan,” ujar salah satu orangtua korban, Catur (34).

Catur mengatakan, anak laki-lakinya, Rafandra (7 bulan), diberikan vaksin di RSIA Sayang Bunda sejak 12 Desember 2015 lalu.

Dia mengaku sangat was-was dengan kesehatan putranya. “Saya tahunya dari media massa, isi vaksin palsu berupa cairan infus. Meski begitu saya was-was dengan kesehatan putra saya,” ujar Catur yang datang bersama istri dan putranya.

Menurutnya, saat pertama kali mendapat vaksin di RSIA Sayang Bunda, anaknya sempat dirawat selama sepekan di RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, Kota Bekasi. Namun, ia tidak mau berspekulasi apakah itu akibat dari pemberian vaksin palu atau dikarenakan faktor lainnya.

“Saya memilih melakukan vaksinasi di RSIA Sayang Bunda karena dekat dengan tempat tinggal,” ujar Catur yang bermukim di Pondok Ungu Permai, Bekasi Utara, tidak jauh dengan rumah sakit.

Hingga pukul 11.00 WIB di RSIA Sayang Bunda, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, petugas Kemkes belum melakukan vaksinasi ulang. Sedangkan, para orangtua telah menunggu sejak pukul 08.00 WIB di rumah sakit tersebut.

RSIA Sayang Bunda merupakan satu dari 14 RS Swasta yang diungkap Kemenkes dan Bareskrim Polri menggunakan vaksin palsu.

-beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here