Festival Jakarta Great Sale 2016 bukukan transaksi Rp15,74 triliun

101
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Pekan diskon Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2016 ditutup dengan memuaskan. Perhelatan yang berlangsung sejak 3 Juni hingga 17 Juli itu membukukan nilai transaksi yang sesuai dengan target yang dipasang.

“Hasilnya sangat menggembirakan, total transaksi sebesar Rp15,7 triliun selama 1,5 bulan di pasar modern dan Rp15 miliar di Pasar Jaya,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, saat menutup FJGS 2016 di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Minggu (17/7/2016).

Nilai transaksi tersebut mengalami kenaikan 8 persen dari perolehan transaksi pada FJGS 2015.

Ketua Pelaksana FJGS 2016, Ellen Hidayat, menjelaskan nilai transaksi itu tercapai karena pelaksanaan FJGS 2016 bertepatan dengan libur Lebaran dan juga anak sekolah. Transaksi paling banyak terjadi pada H-10 hingga H+5.

Transaksi tak hanya terjadi di toko modern saja, seperti mal dan pusat perbelanjaan modern, tetapi juga di 20 pasar tradisional yang menawarkan diskon untuk berbagai komoditi utama.

Tercatat, ada 78 mal yang berpartisipasi memberikan diskon hingga 70 persen. Kemudian, 24 mal mengadakan diskon tengah malam (midnight sale) dengan potongan harga yang lebih besar. Sementara, 20 pasar tradisional melakukan operasi pasar murah mulai dari 4 Juni hingga 17 Juli 2016.

Dengan mengusung tema “Shop More, Less Plastic”, kegiatan ini juga mampu meningkatkan jumlah pengunjung ke pusat perbelanjaan hingga 40 sampai 50 persen.

Tidak hanya itu, ada 12 pusat perbelanjaan yang menyediakan ruang pameran bagi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI yang menjual produk hasil kerajinan tangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta melakukan aksi donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) di 34 mal.

Djarot juga menaikkan target transaksi untuk FJGS tahun mendatang.

“Untuk pasar modern ddiharapkan bisa mencapai Rp17,5 triliun dan Rp30 miliar di lokasi penjualan Pasar Jaya,” kata Djarot dalam Beritajakarta.com.

Selain itu, lokasi pasar juga harus naik dari 20 pasar menjadi 30 pasar di tahun mendatang. Ini penting untuk menampilkan Jakarta sebagai surga belanja terbaik dan termurah,” katanya.

( beritagar.id )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here