Gunakan Metode Lelang, Anterin Siap Saingi Uber, Grab dan Go-jek

399
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BISNIS – Sebagai pendatang baru di dunia penyedia jasa transportasi dan logistik online, Anterin menawarkan solusi baru bagi konsumen dan juga mitra dalam hal pemesanan, yaitu melalui mekanisme lelang. Mekanisme ini memberikan kebebasan bagi konsumen untuk memilih jasa yang akan digunakan sesuai dengan budget dan kebutuhan (preferensi). Dan juga memberikan keleluasaan bagi mitra untuk menentukan harga layanan yang ditawarkan kepada konsumen.

Dibandingkan dengan layanan yang ada saat ini, kebanyakan penyedia layanan memberikan penawaran kepada konsumen berdasarkan sistem dimana konsumen tidak dapat memilih mitra pengemudi sesuai keinginannya, begitu juga mitra tidak dapat menawarkan harga.

Sebagai contoh, seorang kostumer memesan layanan transportasi mobil online. Dia membutuhkan kendaraan yang cukup nyaman ditumpangi beberapa orang dan barang-barang. Namun yang terjadi, kostumer tersebut mendapatkan mobil kecil yang hanya muat sedikit dan tidak ada tempat untuk barang-barang. Dia tidak dapat memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dikarenakan metode yang ada saat ini ditentukan oleh sistem. Mitra pengemudi yang terdekatlah yang akan mendapatkan order, apapun kondisi kendaraan serta pengemudinya.

Contoh lainnya adalah, dia memesan jasa transportasi motor online (ojek online). Dengan ukuran tubuhnya yang lumayan besar, dia berharap mendapatkan pengemudi ojek dengan motor yang nyaman ditumpangi. Namun yang terjadi dia mendapatkan motor matic dengan ukuran kecil yang dikendarai pengemudi wanita.

Dengan sistem yang ada saat ini, baik konsumen maupun mitra pengemudi tidak dapat menentukan sendiri jasa yang ditawarkan. Konsumen hanya menerima jasa yang ditentukan oleh sistem. Dan mitra pengemudi hanya dapat menerima tarif yang ditentukan oleh sistem, meskipun misalnya mitra pengemudi (kendaraan motor) menggunakan motor Harley Davidson. Tarif akan ditentukan per km, sama dengan pemilik jenis motor lainnya.

Dengan sistem lelang yang ditawarkan oleh Anterin, baik konsumen maupun mitra pengemudi mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Konsumen dapat memilih jasa yang ditawarkan berdasarkan harga, jenis kendaraan bahkan jenis kelamin pengemudi. Karena ada sebagian konsumen wanita yang merasa tidak nyaman jika mendapatkan pengemudi laki-laki. Dan mitra pengemudi dapat menentukan sendiri tariff jasa layanannya sesuai dengan waktu, jarak, dan jenis kendaraan yang dimiliki.

Banyak yang beranggapan bahwa nantinya dengan sistem lelang harga akan semakin mahal. Ini disebabkan karena konsumen sudah terbiasa dengan tarif subsidi yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasa. Dengan mekanisme lelang, diharapkan mitra pengemudi justru akan berlomba-lomba memberikan pelayanan dan harga terbaik sesuai dengan harga pasar.

Tidak menutup kemungkinan juga untuk jasa transportasi yang ada saat ini seperti Taxi dapat ikut serta menjadi mitra Anterin, sehingga diharapkan dapat menciptakan ekosistem penyedia transportasi dengan persaingan yang sehat.

-depokpos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here