287 Petani Penggarap Terima Ganti Rugi Bocimi

143
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Sebanyak 287 petani penggarap di Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor menerima ganti rugi pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Ganti rugi diberikan untuk 259 bidang lahan garapan yang terkena pembangunan jalan tol Bocimi seksi satu,” kata Pengawas Lapangan Kementerian PU-PERA Agus Sulistiyanto, Sabtu (16/7/2016).

Ia mengatakan, pencairan ganti rugi telah dilaksanakan Jumat (15/7/2016) dengan cara ditransfer ke rekening para penggarap melalui Bank BRI.

“Total dana ganti rugi yang dibayarkan sebesar Rp4,2 miliar. Semua tanaman yang ada di atas tanah Lido Nirwana Parahyangan (MNC Land) dibayarkan,” katanya.

Menurut dia, dengan pembayaran ganti rugi tersebut, diharapkan masyarakat penerima mendapat manfaat dan menggunakannya dengan baik.

Secara terpisah, Sekretaris Pengadaan Tanah BPN Kabupaten Bogor Ngadiyo menjelaskan, pembayaran ganti rugi dilakukan pemerintah melalui Kementerian PU-Pera.

“BPN bertugas memvalidasi data yang diusulkan oleh PU dan Pemerintah Desa,” katanya.

Ia menyebutkan, sejak awal proses ganti rugi sudah berjalan lancar, tidak ada keberatan atau masalah dari masyarakat.

Menurutnya, besaran ganti rugu sesuai dengan banyaknya jumlah tanaman dan jenis tanaman. Pendataan dilakukan sebelumnya oleh Dinas Pertaniab Kabupaten Bogor.

Besarnya ganti rugi tergantung jenis tanamannya serta ukurannya dari kecil, sedang, dan besar. Termasuk tanaman pagar hidup dan bangunan yang berdiri di atas tanah garapan. “Tanaman palawija dihitung per kilogramnya,” kata dia.

Proses ganti rugi tergolong cepat, dimulai dari awal Ramadhan. Warga sempat kesulitan dengan proses administrasi KTP elektronik, namun sudah teratasi dan dana cair dalam satu hari pencairan.

Tol Bocimi seksi satu menghubungkan Ciawi hingga Cigombong dengan jarak kurang lebih 14 kilo meter. Tol ini melintasi wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, saat ini prosesnya sudah mulai konstruksi. [hus]

( inilahkoran.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here