Taman Juanda Tempat Refreshing Favorit Warga Bandung

84
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BANDUNG – Bandung merupakan kota tujuan wisata favorit di Jawa Barat. Kota tempat “kelahiran” para tokoh bangsa ini merupakan kawasan pendidikan dari dahulu hingga kini. Dan, Bandung sekaligus menjadi kawasan wisata belanja, wisata kuliner dan wisata alam.

Salah satu wisata alam favorit warga Bandung yaitu Taman Juanda. Taman Hutan Raya Juanda juga dikenal dengan nama Dago Pakar. Taman ini telah ada tahun 1922 sejak penetapan batas-batas hutan. Pada tahun 1963, hutan lindung ini mulai dipersiapkan sebagai hutan wisata atau kebun raya.

Taman Juanda diambil dari nama Ir Raden Haji Djoeanda Kartawidjaja. Dalam ejaan saat ini menjadi “Juanda”. Pahlawan Nasional kelahiran Tasikmalaya, 14 Januari 1911 ini merupakan Perdana Menteri Indonesia ke-10 sekaligus terakhir.


Taman Juanda (Foto: Instagram/@sofyan84)

Sumbangan terbesar Ir Juanda untuk bangsa ini yaitu Deklarasi Djuanda tahun 1957 yang menyatakan bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia. Laut-laut itu merupakan kesatuan wilayah NKRI atau dikenal dengan sebutan sebagai negara kepulauan. Selain menjadi namanya terabadikan dalam nama Taman Juanda, Ir Juanda juga terabadikan dalam nama Bandara Djuanda di Surabaya.

Di Taman Juanda, Anda dapat melihat berbagai jenis tumbuhan. Setidaknya ada 2.500 pohon dari 40 familia dari 108 spesies, antara lain cemara Sumatra, kayu jati, bayur Sulawesi, jati Jawa, mahoni Uganda, mahoni daun besar, pohon sosis, pinus atau tusam, tusan Mexico, dan kaliandra. Fauna Taman Juanda tak kalah beragam seperti terdiri dari berbagai jenis burung dan mamalia, di antaranya ketilang atau cangkurileung, jalak, tekukur, elang, perkutut, puyuh batu, musang, dan bajing atau tupai.


Taman Juanda (Foto: Instagram/@suluhpandu)

Taman Hutan Raya Juanda terletak kira-kira 8 kilometer arah utara pusat Kota Bandung. Taman ini memiliki luas kurang lebih 590 hektare membentang dari kawasan Dago Pakar sampai Maribaya. Tepatnya, taman ini terletak di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, pada ketinggian antara 770 mdpl sampai 1330 mdpl. Di atas ketinggian Kota Bandung ini, Taman Juanda memiliki udara sangat dingin dan jauh dari hiruk-pikuk Kota Bandung.

Akses Taman Juanda Dapat bisa dicapai melalui Jalan Dago maupun melalui Jalan Cikutra. Semua jenis kendaran bisa masuk hingga ke pintu gerbang utama. Taman Juanda sangat ramai terutama pada hari-hari libur. Taman ini memiliki udara sangat segar alam pegunungan sehingga sangat difavoritkan warga Kota Bandung untuk tempatrefreshing tak jauh dari kawasan perkotaan. Taman ini juga menjadi lokasi trekkingkawasan hutan. Berwisata di Taman Juanda sekaligus tempat olahraga sambil tetap berwisata.

( merahputih.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here