Perbaikan Trotoar di 48 Lokasi di Jakarta Telan Anggaran Rp 250 Miliar

115
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA РKepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal, mengatakan, pada tahun ini perbaikan trotoar di Jakarta akan dilakukan pada 48 lokasi yang tersebar di 42 kecamatan di Jakarta.

Ia menyebut anggaran yang digunakan mencapai Rp 250 miliar. Perbaikan trotoar dilakukan guna mendukung pergerakan orang demi merangsang minat warga menggunakan angkutan umum.

“Saat ini kami sudah masuk dalam proses penandantangan kontrak. Kami harapkan paling lambat semua kontrak sudah ditandatangani awal bulan depan,” kata Yusmada melalui keterangan tertulisnya, Kamis (14/7/2016).

Menurut Yusmada, dari 48 lokasi, enam di antaranya akan dikerjakan langsung oleh Dinas Bina Marga. Sedangkan lokasi lainnya oleh suku dinas di masing-masing wilayah.

Enam lokasi yang dikerjakan oleh Dinas Bina Marga adalah kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat; Jalan Caringin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan; kawasan Blok M, Jakarta Selatan; sekitar Rusun Daan Mogot, Jakarta Barat; sekitar kawasan Terminal Rawamangun, Jakarta Timur; dan kawasan Pluit, Jakarta Utara.

“Kami ingin memberikan contoh pelebaran trotoar di enam wilayah, masing-masing satu titik,” ujar dia.

Yusmada mengatakan, perbaikan trotoar akan dibarengi dengan pengembalian konsistensi jumlah lajur jalan. Ia kemudian mencontohkan lajur jalan dari arah Tanah Abang menuju perempatan Bank Indonesia yang hanya terdapat tiga lajur, namun realitanya menjadi tujuh lajur.

Yusmada memastikan pelebaran trotoar tak berisiko menambah kemacetan. Sebab ia menyebut kemacetan lebih banyak terjadi di persimpangan yang menyebabkan kendaraan melambat sehingga terjadi antrean.

“Nah, kelebihan lajur semacam itu yang kemudian akan kita ganti menjadi trotoar sehingga orang yang turun dari kereta misalnya, akan langsung mendapatkan akses jalan atau ruang yang lebar,” kata dia.

( kompas.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here