Mobil Buatan UPI Bandung Juara Dunia

116
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BANDUNG – TIM Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi juara di ajang balap adu cepat dan hemat Shell Eco-marathon Drivers World Championship yang berlangsung di Queen Elizabeth Olympic Park London pada 3 Juli 2016.

Tim Bumi Siliwangi Team 4 yang memboyong mobil urban concept berenergi baterai elektrik ”Turangga Cheta EV3” berhasil mengalahkan Tim ISEN Toulon, Prancis, yang juga membawa mobil berenergi baterai elektrik. Tim ISEN Toulon meraih posisi kedua di ajang ini. Posisi ketiga diraih Tim Mater Dai Supermileage High School dari Amerika Serikat yang menghadirkan mobil urban concept berbahan bakar bensin.

”Kami sangat senang dapat mengambil bagian dalam ajang ini, sekaligus meraih gelar juara pertama di ajang bergengsi Shell Eco-marathon Drivers World Championship ,” kata Amin Sobirin, tim manajer Tim Bumi Siliwangi Team 4, UPI. Di ajang ini Tim Bumi Siliwangi Team 4 memberangkatkan 8 anggota tim yang terdiri dari dosen pembimbing, manajer tim, anggota tim dan pengendara mobil. Mereka berada di Inggris sejak 29 Juni 2016 untuk mengikuti uji seleksi pra-Shell Eco-marathon Drivers World Championship .

Darwin Silalahi, President Direktur, Country Chairman, Shell Indonesia, menyebutkan, ”Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang cerdas dan kreatif dalam menciptakan mobil yang hemat energi, sekaligus memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai mobil masa depan. Kami akan terus menjaga komitmen kami dalam ikut mengembangkan sumber daya manusia Indonesia.”

Kompetisi Shell Eco-marathon Drivers World Championship merupakan bentuk komitmen Shell dalam membantu dunia memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat dari tahun ke tahun melalui kerja sama dengan para pelajar, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya.

Sebagai tim yang mewakili Asia di ajang Shell Eco-marathon Drivers World Championship , Tim Bumi Siliwangi Team 4, UPI, dan dua tim lainnya dari Indonesia, yaitu Tim Sadewa dari Universitas Indonesia (UI) dan Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) harus mengikuti babak kualifikasi Shell Eco-marathon DWC .

Ketiga tim mahasiswa Indonesia ini juga menjadi 3 dari 5 wakil Asia di kejuaraan dunia kali ini. Tim Bumi Siliwangi 4 menjadi satusatunya wakil Indonesia di final DWC setelah dua tim Indonesia lainnya, yaitu Tim Sadewa UI dan Tim ITS Team 2, tidak berhasil memenuhi kualifikasi SEM DWC. Ajang balap DWC terbagi dalam tiga pertandingan balapan (heats ) yang masing-masing terdiri dari delapan peserta.

Mereka yang akan maju ke babak final Shell Eco-marathon DWC adalah dua tim yang mencapai garis finis paling cepat, serta dua tim di posisi kedua yang paling cepat di setiap pertandingan (heats ). Karena itu, total ada delapan mobil saja yang bisa mengikuti ajang final Shell Ecomarathon DWC .

Tim Bumi Siliwangi Team 4 masuk ke babak final dan berhasil mengalahkan tim lainnya dari Benua Amerika, Eropa, dan Asia lainnya.

( koran-sindo.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here