Gaya Orangtua Murid, Mengaku Miskin Datang Bawa Fortuner

106
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BEKASI – Seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Bekasi, Jawa Barat terus berlanjut. Isu pemanfaatan dan bukan dari keluarga tidak mampu terus merebak. Pasalnya, ada yang mengurus pendaftaran dan mengaku tidak mampu ternyata datang ke sekolah dengan menggunakan mobil Fortuner.

Padatnya peminat jalur afirmasi yang dikhususkan bagi warga miskin ini tampak di semua kecamatan yang ada. Seperti di Kecamatan Jatiasih maupun Bekasi Selatan warga rela antre berjam-jam. “Demi sekolah anak pak,” kata Anisah, satu warga.

Warga lain menyebut jika pembukaan jalur ini sangat membantu warga yang tidak mampu sesuai kriteria warga miskin di Kota Bekasi. “Tapi saya ragu, apa benar ini khusus jalur orang miskin. Pasalnya, tadi ada yang daftar datangnya menggunakan Fortuner,” kata satu warga lain di Kecamatan Bekasi Selatan, Rabu (13/7).

Rudi Sabarudin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, mengatakan jika jalur avirmasi bagi warga kurang mampu memang diperpanjang. Pelaksanaan verifikasi dilakukan di tiap-tiap kecamatan dengan melibatkan dinas terkait, seperti dinas sosial dan kesehatan.

Sementara, Ngadino, Kepala Seksi Kependudukan Bekasi Selatan, mengatakan jika pada hari pertama tercatat ada 76 warga yang memanfaatkan jalur ini. “Mungkin kali ini lebih banyak karena belum selesai jadi belum direkap,” katanya.

Terkait dengan dugaan pemanfaatan oleh warga yang bukan mampu, Ngadino mengatakan tidak mengetahuinya. Hanya saja, hal itu akan diseleksi melalui sistem oleh petugas Dinas Sosial maupun Dinas Kesehatan. Kalau tidak ada dalam data base maka tidakbisa diproses.

Pos Kota mengamati sejumlah warga tampak berkumpul di aula Kecamatan Bekasi Selatan. Mereka mengantri untuk mendapatkan kepastian informasi terkait pendaftaran anaknya. (chotim)

( poskotanews.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here