5 Pulau Untuk Kemping Asyik di Kepulauan Seribu

108
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TRAVELING – Kemping tak selamanya di gunung. Di Kepulauan Seribu, kita bisa kemping di pinggiran pantai cantik di pulau kecil saat liburan usai Lebaran. Pasti asyik!

Kepulauan Seribu berlokasi di lepas pantai Jakarta. Cukup mudah menuju ke sana, bisa dari Muara Angke atau dari Marina Ancol. Bagi yang mau backpackeran bisa ke sana, atau yang tak mau repot sudah tersedia banyak paket wisata dari berbagai operator tur.

Kepulauan Seribu pun merupakan satu dari 10 destinasi prioritas yang dicanangkan Kementerian Pariwisata. Menjadi prioritas, karena memiliki hamparan alam yang cantik baik pulau, pantai dan dunia bawah lautnya. Dilabeli prioritas, artinya mendapat perhatian penuh pemerintah terhadap pengembangan, pelestarian dan pemasaran pariwisatanya.

Ada banyak kegiatan yang dapat wisatawan lakukan saat traveling ke Kepulauan Seribu. Yang suka basah-basahan, silakan snorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah lautnya. Bagi yang mau bersantai, silakan leyeh-leyeh di pinggiran pantai.

Satu lagi kegiatan seru di Kepulauan Seribu adalah kemping. Mendirikan tenda di pulau kecil, dengan posisi di dekat pantai. Rasakan angin laut dan hamparan bintang di langit, sambil diiringi melodi deburan ombak. Suatu pengalaman unik, berkemping tapi tidak di gunung.

Disusun detikTravel, Kamis (14/7/2016) berikut 5 pulau untuk kemping asyik di Kepulauan Seribu:

1. Pulau Semak Daun

Selamat datang di Pulau Semak Daun (Muhammad Catur Nugraha/dTraveler)

Pulau Semak Daun berlokasi sekitar 3 jam dari pelabuhan di Muara Angke. Pulau Semak Daun ini adalah pulau kecil dan tidak berpenghuni. Hanya ada pantai dan hutan bakau, benar-benar menawarkan suasana alam yang masih alami.

Pulau Semak Daun sudah menjadi lokasi favorit wisatawan untuk kemping. Setelah mendirikan tenda, kita bisa bermain-main di pantai yang pasirnya putih nan halus. Udara bersih dan perairan biru, bikin kita betah kemping di sini.

Jika bertemu dengan rombongan wisatawan lain, jangan ragu untuk saling berkenalan. Tambah teman baru di perjalanan, sekaligus bisa saling bertukar pengalaman traveling. Asyik banget!

2. Pulau Papa Theo

Kemping di Pulau Papa Theo (Muhammad Catur Nugraha/dTraveler)

Pulau Papa Theo mungkin tidak setenar Pulau Tidung atau Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Lokasinya pun lumayan jauh, sekitar 4 jam dari Muara Angke. Walau jauh, Pulau Papa Theo yang tak berpenghuni ini masihs angat eksotis.

Kita bisa mampir ke pulau-pulau di dekat Pulau Papa Theo untuk snorkeling, seperti di dekat Pulau Perak dan pulau-pulau kecil lainnya. Bawah lautnya cantik dan suasananya sepi, lautan dan pulau-pulaunya bak milik pribadi.

Pulau Papa Theo sendiri memiliki hamparan pasir putih. Setelah tenda sudah siap, jangan habiskan waktu bersantai di dalam tenda. Keluarlah dan lihat panorama sunset alias matahari terbenam yang sangat indah. Penutup hari yang istimewa.

Kemping asyik di pinggir pantai (Muhammad Catur Nugraha/dTraveler)

3. Pulau Payung

Untuk mencapai Pulau Payung, kita harus menuju Pulau Tidung terlebih dulu. Lalu lanjut selama 30 menit, untuk tiba di Pulau Payung yang merupakan pulau berpenghuni. Para penduduk di sana pun sangat ramah kepada wisatawan.

Sesampainya di Pulau Payung, silakan cari spot yang nyaman untuk mendirikan tenda. Selain bermain di pinggiran pantai, ada satu kegiatan asyik yang bisa dilakukan di sana yakni bakar ikan. Silakan ke tempat-tempat penjualan ikan untuk membeli ikan-ikan segar.

Waktu paling pas untuk bakar ikan adalah saat senja. Sambil makan enak, kita bisa melihat panorama sunset. Perut kenyang dan hati senang!

Kemping di Pulau Payung (Muhammad Catur Nugraha/dTraveler)

4. Pulau Bulat

Salah satu pulau cantik di Kepulauan Seribu, Pulau Bulat namanya. Jika dari Muara Angke, butuh waktu 4 jam untuk tiba di sana. Setibanya di Pulau Bulat, tampak hamparan putih dan air laut hijau kebiruan yang seperti mengundang untuk berenang. Ombak di sekitar pantainya memang cukup tenang untuk berenang.

Pulau Bulat suasana begitu tenang. Pulau ini juga tidak terlalu besar, luasnya hanya 1,28 ha. Kabarnya, Pulau Bulat dimiliki oleh keluarga mendiang Presiden Soeharto. Tetapi terbuka untuk dikunjungi wisatawan.

Hanya ada beberapa penjual makanan di pulau ini. Suasana yang tenang dan pemandangan cantik di pulaunya, pasti menggoda Anda untuk kemping. Yuk dirikan tenda dan bermalam di sini. Selamat tidur dengan lautan bintang di atas Anda.

Pulau Bulat yang masih alami (Kurnia/detikTravel)

5. Pulau Sepa

Terakhir, pulau yang asyik untuk spot kemping di Kepulauan Seribu adalah Pulau Sepa. Pulau yang terletak sekitar 65 km arah barat laut dari Marina Ancol ini dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat selama 2 jam.

Silakan mendirikan tenda di pinggiran pantainya. Kontur pantai yang landai, membuat kita mudah mendirikan tenda di bawah pepohonan rindang. Keluar tenda, pasir putih pantainya begitu halus disapu dengan kaki. Silakan berenang juga, karena bawah lautnya punya terumbu karang yang cantik.

Panorama sunrise alias matahari terbit sangat indah terlihat di sini. Jangan kaget kalau melihat biawak di pinggiran pantainya dan jangan takut juga. Yang pasti mau kemping di mana pun di pulau-pulau di Kepulauan Seribu, harap menjaga kebersihan dan jangan merusak alam.

Dunia bawah laut Pulau Sepa yang cantik (Andreas H Muljadi/dTraveler)

(aff/fay/detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here