Setelah Lebaran, Ramai-ramai Bersihkan Pasar di Bogor

110
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Ratusaan warga dan personel gabungan TNI, Polri, dan Sat Pol PP Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor Beramai-ramai membersihkan Pasar Kebon Kembang dari sisa pedagang kaki lima. Hal tersebut juga dilakukan sekaligus melakukan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL)

Sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan ini dipimpin langsung Wali Kota Bogor Bima Arya, Minggu (10/7). Bima Arya mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih pasar pasca-Lebaran ini bertujuan untuk mengantisipasi kesemrawutan baru yang ditimbulkan baik oleh PKL maupun lalu lintas.

“Kita bersinergi membersihkan area Dewi Sartika, MA Salmun, dan seputaran pasar setelah ditinggalkan para PKL pada Lebaran kemarin,” ujar Bima.

Bima mengakui, kebersihan dan kerapian pasar menjadi salah satu pekerjaan rumah, khususnya saat Presiden Joko Widodo blusukan pada minggu lalu. “Beberapa kali Pak presiden memang secara khusus meminta saya agar merapikan pasar, terutama Pasar-pasar di Bogor. Beliau diam-siam suka blusukan dan melihat kondisi pasar semerawut,” ujar Bima.

Terlebih, Pasar Bogor yang notabene kerap dilalui Presiden saat keluar-masuk Istana Kepresidenan Bogor. Bima mengatakan, ada banyak PKL di sekitar pasar masih sulit diajak berjualan di dalam pasar. Mereka lebih suka menjajakan dagangan memakan badan jalan. Padahal, tutur Bima, Pemkot Bogor telah menyediakan kios-kios di dalam pasar.

Demikian juga yang terjadi di Pasar Kebon Kembang, Jalan Dewi Sartika dan Jalan MA Salmun menjadi jalur alternatif menuju tengah kota. Keberadaan PKL di jalan tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan.

Bima menilai, ke depan wilayah seputar Pasar Kebon Kembang akan ditata mulai dari PKL-nya hingga perpakirannya. “Pokoknya kami akan tata kembali agar tidak semrawut,” tegas Bima.

Indah, warga sekitar mengapresiasi Pemkot Bogor atas penertiban PKL di kawasan tersebut. Indah meminta agar kondisi saat ini dapat terus dipertahankan dan diawasi Pemkot Bogor agar para PKL tidak lagi kembali berjualan sembarangan di badan jalan.

“Pemkot sudah bagus tertibkan, cuma yang kita takutkan nantinya PKL pada balik lagi. Ini sih biar terus kayak begini harus terus diawasi sama aparat, jadi kondisinya bisa terus nyaman kayak sekarang,” ujarnya. Ia menambahkan, agar area parkir kendaraan terutama roda dua juga harus diperhatikan dan tidak menggunakan badan jalan.

-beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here