Satu Djiwa Indonesia Garap Program Sosial Musisi Peduli Musisi 2016

109
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | DEPOK – Sebagai bentuk kepedulian pada sesama musisi, komunitas Satu Djiwa Indonesia (SJI), sedang menggarap program sosial bertajuk ‘Musisi Peduli Musisi 2016’ (MPM 2016).

“Program ini berupa aksi penggalangan dana yang diproyeksikan untuk membantu kawan-kawan musisi yang sedang tertimpa musibah,” kata Ketua SJI, Pradjoko Avianto alias Vian kepada wartawan di Warung Angkringan Sensasi, Komplek Pasar Segar, Cinere Depok akhir pekan lalu.

Vian menuturkan, penggalangan dana ini, SJI akan bekerjasama dengan sejumlah mall, kampus dan cafe di wilayah Jabodetabek.

“Jadi konsep acaranya, kami akan menggelar pertunjukan musik di mall, kampus dan cafe. Saat pertunjukan berlangsung, kami menggalang dana dari para pengunjung dengan berbagai gimik yang sifatnya charity,” katanya.

Sebagai langkah awal, pasca lebaran ini SJI akan menggalang dana di beberapa mall di Jabodetabek.

Untuk memeriahkan program MPM 2016 ini, SJI melibatkan banyak musisi, mulai dari musisi indie maupun mayor label.

Selain itu, SJI juga menggandeng penyanyi Indah Winar, Rini Asmara, dan Shinta Priwit sebagai ‘Duta Musisi Peduli Musisi’.

Dalam kesempatan itu, Indah Winar mengatakan, program ini ditujukan untuk memupuk rasa kebersamaan dan saling peduli di antara sesama musisi.

“Banyak musisi yang telah menyumbangkan karya selama bertahun-tahun untuk menghibur masyarakat, akan tetapi ada hal yang miris ketika mereka jatuh sakit dan tergolek tak berdaya, hanya sedikit sekali yang peduli kepada mereka,” katanya.

“Hal inilah mengundang keprihatinan mendalam tentang rasa peduli di masyarakat khususnya di kalangan sesama musisiIndonesia,” kata perempuan yang kerap mengisi program musik Blues Night di TVRI itu.

Vian menambahkan, sebagai langkah SJI akan berbuat semaksimal mungkin menyukseskan program MPM 2016 ini.

“Kalau memang mendapat sambutan dari masyarakat luas, tidak tertutup kemungkinan hanya di Jabodetabek saja, tapi dikembangkan ke seluruh Indonesia,” kata Vian yang juga selaku pendiri komunitas SJI.

Untuk menyukseskan program MPM 2016, SJI menggandeng sejumlah pihak, di antaranya, Forum Wartawan Hiburan (Forwan), dan juga komunitas otomotif, seperti Mercedes Benz Club Tangerang Raya, dan komunitas Harley FOC.

Ketua Umum Forwan, Sutrisno Buyil menyambut baik ajakanprogram MPM 2016.

“Program musisi peduli musisi ini sejalan dengan visi misi Forwan yang selama ini juga kerap melakukan program sosial,” katanya.

Aksi sosial yang pernah dilakukan Forwan, selain untuk sesama wartawan juga bagi kalangan musisi.

Misalnya, belum lama ini membantu musisi Naniel, salah satu personil Swami yang saat itu mengalami kecelakaan.

“Berangkat dari kesamaan visi itulah kami bergandengan tangan dengan Forwan,” kata Vian menimpali.

Sedangkan untuk kalangan komunitas otomotif, jelas Vian, mereka akan turut ambil bagian dalam event-event yang digelar dua komunitas otomotif tersebut.

“Dalam beberapa agenda kegiatan event mereka ada acara panggung hiburannya. Nah, penyanyi dan band dari SJI yang mengisi acara dan sekaligus kami sisipkan penggalangan dana dan donasinya dari kalangan komunitas otomotif,” katanya.

Sekadar diketahui, SJI adalah komunitas seni seni dan budaya yang dibentuk pada November 2010.

Kiprah SJI juga sebagai salah satu wadah interaksi antar sesamakomunitas musik indie. Saat ini ada 150 band yang tergabung dalam komunitas SJI.

-wartakota.tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here