Jakarta Masih Lengang? Menhub Sebut Arus Balik Ada Dua Gelombang

86
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Meski libur Idul Fitri telah usai pada Senin (11/7), namun beberapa ruas jalan di Jakarta masih lengang. Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyebut, hal tersebut lantaran bakal ada dua gelombang arus balik dari daerah menuju Ibukota lantaran Lebaran tahun ini bertepatan dengan liburan sekolah. “Kalau arus balik sejauh ini sih cukup lancar ya. Tapi ini kan ada libur anak sekolah sampai tanggal 17 (Juli), jadi arus balik yang sekarang ini Jum`at, Sabtu, Minggu, sampai Subuh tadi jadi gelombang pertama,” jelas Menhub, di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/7).

“Nanti yang gelombang kedua kami perkirakan Jumat-Sabtu ini. Tapi mudah-mudahan sih merata ya ada yang pulang Senin, Selasa, Rabu, Kamis sampai Sabtu,” Menhub, menambahkan.

Menurutnya, masih ada sepertiga dari pemudik asal Jakarta yang belum kembali sehingga lalu lintas ibu kota masih lengang hingga saat ini.

Soal kemacetan saat arus balik di sejumlah jalan tol di Jawa, mantan direktur utama PT KAI itu mennyatakan, kemacetan adalah hal yang wajar ketika volume kendaraan meningkat. “Cuma kadang-kadang kalau traffic-nya penuh sekali ya pastidelay atau macet ya pasti ada,” lanjutnya.

Menhub pun mengatakan secara prinsip tak ada kendala dalam manajemen arus balik. Tak seperti arus mudik, arus balik lebih mudah diatur karena para pengendara tersebar dalam waktu yang tak bersamaan. Kedepannya tol Trans Jawa akan menjadi harapan arus mudik dan balik tahun depan tak lagi macet parah seperti di pintu keluar tol Brebes Timur.

“Jadi mudah-mudahan tahun depan kalau pak Menteri PU menjelasksn itu bisa sampai Semarang mungkin kemacetannya akan sangat berkurang ya. Karena pintu tol di Semarang itu nanti bisa besar kayak di Cikarang Utama ya,” demikian Menhub.

( gatra.com )


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here