9 Fakta Menarik Usai Portugal Juara Piala Eropa 2016

112
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | SPORT – Portugal berhasil menjuarai Piala Eropa 2016 usai menumbangkan Prancis di babak final, Senin 11 Juli 2016 dini hari WIB. Portugal juara usai mengunci kemenangan dengan skor tipis 1-0 dari pasukan Les Bleus.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stade De France, Portugal harus ditinggalkan Cristiano Ronaldo di menit 25 karena mengalami cedera. Walau tanpa sang kapten, mereka sukses menahan imbang Prancis tanpa gol di waktu normal.

Pada babak extra time, Portugal berhasil mencuri gol lewat Eder Antonio di menit 109. Gol dari pemain yang masuk menggantikan Renato Sanches tersebut bertahan hingga tambahan waktu selesai, dan membuat Portugal keluar sebagai pemenang lewat skor 1-0.

Tim asuhan Fernando Santos itu akhirnya berhasil menjuarai Piala Eropa untuk pertama kalinya. Kemenangan ini juga menjadi balas dendam mereka di final 2004, saat kalah 0-1 dari Yunani di babak final dengan status sebagai tuan rumah.

Kualitas dan kekuatan Portugal yang sempat diragukan banyak pihak di awal turnamen, berhasil dijawab Portugal dengan gelar juara. Ada beberapa fakta menarik yang diraih Portugal usai juara Piala Eropa 2016, seperti dilansir Opta.

Berikut Fakta-fakta Menarik Usai Portugal Juara Piala Eropa 2016:

1. Ini menjadi trofi Piala Eropa pertama Portugal sepanjang sejarah. Portugal menjadi timnas ke-10 yang berhasil memenangi turnamen empat tahunan ini.

2. Prancis menjadi tim tuan rumah kedua yang kalah pada final Piala Eropa lewat skor yang sama, yakni 1-0. Sebelumnya, Portugal juga mengalami hal yang sama pada 2004 dengan kala 1-0 dari Yunani di final.

3. Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan Pepe, menjadi pemain kedelapan dan kesembilan yang memenangi Euro dan Liga Champions pada tahun yang sama.

4. Portugal hanya berada dalam kondisi memimpin selama 73 menit dari total 720 menit laga yang mereka jalankan sepanjang Piala Eropa 2016.

5.  Eder menjadi pemain pengganti keenam yang berhasil mencetak gol di final Piala Eropa. Sebelumnya, ada Oliver Bierhoff, Sylvain Wiltord, Juan Mata, Fernando Torres, dan David Trezeguet.

6. Ini menjadi gol pertama Eder di kompetisi resmi internasional bersama Portugal.

7.  Gol yang dicetak Portugal di babak tambahan selalu dibuat oleh pemain pengganti.

8. Tidak ada kiper yang mampu membuat penyelamatan lebih banyak dari kiper Portugal, Rui Patricio dengan tujuh penyelamatan di babak final sejak 1980. Torehan ini sama dengan raihan kiper Denmark, Peter Schmeichel, saat menghadapi Jerman pada 1992.

9. Kemenangan ini menjadi kebangkitan luar biasa bagi Portugal. Sebelumnya,  Prancis selalu menang pada 10 laga terakhir melawan Portugal.

-viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here