Tingkatkan Tali Silaturahmi, Komunitas Darmaraga Mengadakan Halal Bihalal

229
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Komunitas Budaya Sunda Darmaraga mengadakan acara halal bihalal di Padepokan Darmaraga, Cibereum Tengah, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor pada Sabtu malam (10/07) pukul 19.00 WIB.

Komunitas Darmaraga adalah komunitas yang bergerak dalam bidang seni dan budaya sunda. Darmaraga baru berdiri selama satu setengah tahun, namun sudah banyak kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Darmaraga untuk mengajak masyarakat Bogor melestarikan seni dan budaya sunda.

Ki Bambang Somantri selaku pupuhu atau ketua Komunitas Darmaraga tujuan diadakannya kegiatan halal bihalal tersebut adalah untuk merekatkan tali silaturahmi para anggota Darmaraga, selain itu dalam kegiatan tersebut Ki Bambang juga sekaligus memberikan arahan untuk tidak melupakan sejarah.

“Kita jangan sampai lupa dengan sejarah. Dimanapun kita lahir, suku apapun orang tua kita, kita tidak boleh lupa, kita berada di Negara yang berazaskan Pancasila, yang mana didalamnya banyak keragaman suku dan budaya. Oleh sebab itu, kita jangan merasa malu dengan budaya kita dan bahasa kita”, ujarnya.

Dengan memiliki visi misi yang kuat, Komunitas Darmaraga akan terus berupaya melestarikan budaya sunda, meningkatkan kembali kecintaan masyarakat Bogor kepada seni dan budaya, menjadikan Sunda sebagai Ikon dan tradisi dan menjadikan seni dan budaya di Kabupaten Bogor lebih baik daripada Kabupaten lainnya.

“Kita akan terus berusaha untuk melestarikan budaya sunda dan mengajak masyarakat Bogor untuk tidak melupakan seni dan budaya”, tuturnya.

Ki Bambang berharap pemerintah pusat dapat mendukung aktifitas budaya dan kearifan lokal, sebab tanpa dukungan pemerintah, semua gerakan atau bentu aktifitas tidak akan berjalan dengan sempurna.

“Saya berharap pemerintah tutur mendukung aktifitas seni dan budaya sunda, seperti halnya di Pelabuhan Ratu, disana sudah tercipta ikatan batin antara budaya dan pemerintahan. Sehingga semua perhelatan berjalan dengan lancar ditambah dengan antusias masyarakat terhadap budayanya sendiri”, pungaksnya. (her/jat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here