Makam Ulama Syiah di Baghdad Dibom, 30 Orang Tewas

249
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | INTERNASIONAL – Militan ISIS kembali mengaku telah melancarkan serangan bom bunuh diri ke sebuah makam ulama Syiah Sayyid Mohammed di Balad, sekira 72 kilometer jauhnya ke utara Baghdad.

Juru bicara keamanan setempat mengatakan sedikitnya 30 orang tewas dalam insiden ini, sementara 50 orang lainnya terluka. Otoritas yang tidak disebutkan namanya itu juga menuturkan bahwa pelaku ada tiga orang. Demikian yang diwartakan AFP, dilansir dari Telegraph, Jumat (8/7/2016).

Mereka tiba di makam suci umat Syiah dan mulai melontarkan tembakan ke segala arah. Dua orang di antaranya kemudian meledakkan diri di pasar yang bersebelahan dengan makam.

Sementara itu, pelaku ketiga diketahui tidak sempat mengikuti jejak teman-temannya sesama jihadis. Dia tertembak dan sabuk peledaknya dijinakkan tim gegana. Namun begitu, juru bicara pasukan keamanan gabungan itu tidak menyebutkan pasukan mana yang berhasil melumpuhkan pelaku.

Serangan ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan kelompok teroris (ISIL) yang semakin terdesak, setelah jantung-jantung pertahanannya di Fallujah dan Mosul direbut kembali oleh pemerintah Irak pada awal tahun ini.

Bahkan beberapa jam sebelum ledakan, Menteri Kesehatan Irak, Adila Hamoud baru saja mengumumkan penambahan jumlah korban meninggal akibat serangan teroris di pasar Al Shaab pada Sabtu 2 Juli 2016 malam menjelang Minggu dini hari, menjadi 292 orang dan korban terluka lebih dari 255 orang.

Sekira 115 jasad korban sudah dikembalikan ke keluarganya, dan ratusan sisanya masih menunggu hasil identifikasi. Hamoud memperkirakan, proses identifikasi masih akan memakan waktu 15-45 hari lagi.

(Sil/okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here