Atasi Macet, Fahri Hamzah Minta Tol Brexit Digratiskan

144
0
SHARE

BHARATANEWS.DI | JAKARTA – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, tak habis pikir jutaan pemudik harus antre berjam-jam sepanjang puluhan kilometer di pintu keluar tol Brebes atau dikenal dengan istilah Brexit(Brebes Exit) hanya untuk keluar membayar tol.

Fahri berpendapat, pemerintah dalam hal ini, Jasa Marga atau pengelola tol, bisa mengambil kebijakan untuk menggratiskan tol dalam situasi seperti itu.

“Tidak harus di semua tempat, tapi khusus di lokasi titik macet saja seperti Brexit itu. Ini kan tidak tiap hari juga hanya setahun sekali,” ujar Fahri, di Jakarta, Kamis (7/7).

tol brexit

Momen Ramadan setahun sekali, menurut Fahri, semestinya bisa menyadarkan para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk mengambil kebijakan yang tidak membuat masyarakat susah dan tersandera. Setidaknya anggap kebijakan menggratiskan tol sebagai zakat, infaq atau sedekah kepada para pemudik.

“Filosofi dari zakat adalah untuk menyucikan diri. Maka, BUMN sebagai perusahaan negara dengan menggratiskan bisa memsucikan dirinya juga. Ini juga akan berefek langsung memperlancar kehidupan dan memudahkan orang sampai ke kampung halamannya,” kata politisi PKS ini.

Filosofinya, kata Fahri, harus uhrowi dan ada inisiatif dari pihak stakeholder seperti Jasa Marga karena bagaimanapun perjalanan mudik itu melelahkan.

“Mereka sedang berpuasa, harus antre berjam-jam untuk bayar tol, ini kan tidak manusiawi dan tidak Islami juga. Bayangkan mereka kesulitan untuk salat dan kesulitan untuk buang hajat,” tuturnya.

Selain itu, kata Fahri, dengan menggratiskan biaya tol maka tidak banyak bahan bakar terbuang percuma.

“Jadi mumpung masih dalam suasana bulan Syawal, sekali lagi saya imbau kepada Jasa marga ataupun pengelola tol swasta bersedekahlah untuk para pemudik. Pahalanya besar juga,” katanya.

-beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here