Pemudik Yang Melintasi Sukabumi Disarankan Lewat Jalur Alternatif

105
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | SUKABUMI – Sehubungan dengan mulai padatnya arus lalulintas pada ruas jalan utama yang menghubungkan wilayah Sukabumi dengan wilayah Jabodetabek, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengimbau para pemudik yang akan menggunakan jalur mudik Sukabumi untuk menggunakan jalur alternatif.

“Jalur mudik utara Sukabumi yang menghubungkan wilayah Sukabumi dengan Jagorawi arus lalu lintas sudah mulai padat, sehingga pemudik diimbau menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas,” terang Kepala Seksi Dalops Dishubkominfo Kabupaten Sukabumi, Asep Sumantri di Sukabumi, Jumat (01/072016).

Sebagaimana diketahui, terdapat dua jalur alternatif yang bisa digunakan pemudik untuk menghindari kepadatan kendaraan yakni Jalur Tenjo Ayu di Kecamatan Cicurug dan Jalur Simpang Nagrak di Kecamatan Cibadak. Di dua jalur tersebut saat ini sudah disiagakan petugas yang akan memandu perjalanan pemudik. Namun, untuk kedua jalur alternatif ini hanya bisa digunakan oleh kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat ukuran kecil.

Menurut Asep, untuk saat ini arus lalu lintas masih dalam status padat lancar, namun di jam-jam dan titik tertentu kerap terjadi penumpukan kendaraan seperti saat bubar masuk pabrik serta di lokasi pusat perdagangan yang berada di depan Pasar Tradisional Cibadak, Parungkuda dan Cicurug.

Di jalur alternatif tersebut, arus lalu lintas hanya akan dibuat satu arah saja yakni dari arah Jagorawi menuju Sukabumi. Sehingga hanya bisa digunakan oleh pemudik yang masuk Sukabumi, terkecuali warga sekitar.

“Pantauan arus lalu lintas dan volume kendaraan terus kami lakukan, dan untuk menghindari penumpukan kendaraan kami juga berkoordinasi dengan petugas dari wilayah Bogor khawatir jalur Puncak, Bogor macet sehingga ada ada pengalihan arus ke Sukabumi,” tambahnya.

Terpisah, Kapolres Sukabumi, AKBP M Ngajib mengatakan di jalur mudik Sukabumi, pihaknya sudah menyiapkan beberapa pos pengamanan, Gatur dan pos-pos lainnya untuk melayani para pemudik yang masuk wilayah Sukabumi.

Pos tersebut bisa dimanfaatkan oleh pemudik baik hanya sebatas menanyakan kondisi arus lalu lintas, jalur alternatif atau bisa digunakan untuk tempat istirahat.

“Di beberapa pos juga disiapkan tenaga medis untuk memberikan bantuan kepada pemudik, jika kondisi tubuhnya drop atau kelelahan,” tandas Kapolres. (Djava)

( bogorpos.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here