Kalahkan Paris, Bogor Raih Gelar Kota Paling Dicintai

217
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Kota Bogor, Jawa Barat, berhasil menyabet gelar Kota Paling Dicintai (The Most Loveable City) 2016 mengalahkan Balikpapan, Jakarta, bahkan Paris dan 43 kota 27 negara peserta kampanye global “We Love Cities”.

“Ini adalah kemenangan semangat dan optimisme,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Kamis (30/6/2016) malam.

Bima mengatakan, tantangan yang dihadapi Kota Bogor segudang, dengan permasalah seabrek, tapi dengan semangat dan optimisme masyarakat untuk terus membangun dan memperbaiki Bogor bersama-sama agar lebih dicintai.

“Kecintaan warga Bogor terhadap kotanya adalah modal sosial yang luar biasa,” kata Bima.

Informasi Kota Bogor menjadi The Most Loveable Sustainable City 2016 dipublikasikan akun Facebook resmi We Love Cities, Kamis (30/6/2016).

Terpilihanya Kota Bogor, membuktikan komitmen pemerintah daerah untuk menjuarai kampanye global, setelah bersaing ketat dengan Balikpapan yang menjadi juara tahun lalu.

“Kota Bogor menang dengan dukungan telak dibanding kota lainnya. Hal ini menunjukkan kemampuan Kota Bogor untuk merangkul warganya untuk mau memberikan dukunga,” isi petikan informasi dari Facebook resmi We Love Cities.

Project Officer ICLEI Slamet Daroini mengatakan, komitmen Kota Bogor terlihat dari keseriusan yang didukung dengan data yang lengkap. Kota Bogor sudah memiliki rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) ramah lingkungan. Sehingga dari enam kota di Indonesia yang maju sebagai kandidat “we love cities” hanya tiga kota yang masuk nominasi yakni Jakarta, Balikpapan dan Kota Bogor.

“Kedepan Kota Bogor akan menjadi kota layak huni yang menjadi impian warganya,” katanya.

Kota Bogor menjadi salah satu dari tiga kota di Indonesia yang terpilih bersama 47 kota dari 27 negara ikut dalam kampanye global bertajuk We Love Cities.

We Love Cities adalah kampanye global di media sosial yang bertujuan untuk mengangkat beragam solusi dalam mewujudkan kota berkelanjutan dan memobilisasi dukungan publik untuk inisiatif-inisiatif tersebut.

Kampanye ini diinisiasi oleh WWF sejak 2014, sejalan dengan ajang penghargaan Earth Hour City Challenge (EHCC) yang telah diselenggarakan sejak 2010 lalu.

Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF Indonesia I Nyoman Iswara Yoga menyampaikan, terdapat tiga kanal yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk memberikan dukungannya kepada setiap kota peserta.

Pertama, memberikan vote melalui halaman situs internet www.welovecities.org yang tehitung mulai 26 April hingga 19 Juni 2016. Voting dapat dilakukan berulang kali dari perangkat elektronik yang sama dengan batasan satu kali dalam 24 jam.

Kedua, mengunggah foto, video, teks, artikel, gambar ilustrasi atau konten media sosial lainnya di akun media sosial Facebook, Instagram dan Twitter dengan tagar kota yang didukung dan tagar #WeLoveCities.

Ketiga, memberikan saran, usulan atau kritik yang membangun mengenai aksi-aksi nyata yang dapat dilakukan oleh kota-kota peserta sehingga mampu menjadi kota yang berkelanjutan.

“Ajang ini merupakan perayaan global untuk kota berkelanjutan yang paling dicintai oleh masyarakat. Mudah-mudahan ajang ini bisa mengawali semangat untuk lebih mencintai kota kita sendiri,” ungkap Nyoman.

Project Leader “We Love Bogor” Deasy Manurung menyebutkan, peluang menyambet predikat “The Most Loveable Sustainable City” 2016 memberikan kesempatan bagi Kota Bogor untuk mengembangkan pembangunan yang lebih ramah lingkungan. “Seperti tahun lalu Kota Balikpapan terpilih menjadi pemenang,” katanya.

( megapolitan.harianterbit.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here