“Negara” Gafatar Punya 12 Provinsi, Jakarta Jadi Ibu Kota

68
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Berdasarkan hasil penyidikan, Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) sudah tersebar di 12 wilayah di Indonesia dan Malaysia. Organisasi ini menamakan dirinya dengan Negeri Karunia Tuan Semesta Alam Nusantara (NKTSAN) atau disingkat Negeri Karunia Tuan Nusantara (NKTN).

Kasubdit I (Keamanan Negara) Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri AKBP Satria Hady Permana membenarkan hal itu.

“Yang kita dapatkan dari keterangan saksi dan juga dokumen dalam upaya makar tersebut. Kita mendapatkan pembagian wilayah Indonesia yang terbagi menjadi 12 wilayah di Republik Indonesia, dan satu di wilayah Malaysia. Adapun dalam 12 wilayah tersebut dibagi struktur gubernur-gubernur,” kata Satria di Kompleks Mabes Polri, Senin (30/5/2016).

“Sejak dideklarasikan pada 15 Agustus 2015, juga dilakukan pelantikan terhadap 12 gubernur tersebut. Dari kegiatan 12 gubernur juga melaksanakan kegiatan dan memberikan laporan kepada sosok Presiden Negeri Karunia Tuan Semesta Alam Nusantara,” sambung dia.

Ketika ditanya, 12 wilayah itu berada di kota mana saja? Satria enggan membeberkan secara detail. Sementara Negeri Karunia Nusantara tetap memilih Jakarta sebagai ibu kota negara.

“Sudah terbagi secara keseluruhan. Terbagi dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, sampai Papua. Ibu kota tetap berada di Jakarta,” katanya.

Sebelumnya pada 25 Mei 2016, Bareskrim Mabes Polri telah menahan pencetus Gafatar Ahmad Musadeq dan dua pengikutnya yakni Andri Cahya serta Mahful Muis Tumanurung.

Ketiganya dijerat dengan Pasal 156 a KUHP. Sementara Andri Cahya dan Mahful Muis Tumanurung dijerat Pasal 110 juncto 107 KUHP tentang Pemufakatan Makar. Khusus Musadeq, perannya dalam pemufakatan makar hanya turut serta. (okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here