Festival Budaya Diharapkan Bisa Kikis Sikap Etnosentrisme

65
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA DAN PARIWISATA – Untuk memperkenalkan serta melestarikan budaya se-Indonesia yang unik dan beraneka ragam, Institut Pertanian Bogor (IPB) yang didukung Pemkot Bogor menggelar Festival Budaya Nusantara IX tahun 2016, di Balikota Bogor, Sabtu (28/5/2016) siang.

Festival budaya kali ini juga dimeriahkan berbagai kuliner dari berbagai daerah yang menarik minat masyarakat Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, kegiatan tersebut sangat unik dan menarik dalam rangka melestarikan budaya. Karena itu dia berharap acara tersebut ke depan tidak hanya digelar dalam satu hari saja.

“Warga Kota Bogor bisa menjadikan kegiatan itu sebagai tujuan acara akhir pekan. Lebih bagus lagi festival ini sekalian memberikan edukasi kebudayaan bagi para pengunjung dengan berbagai budaya yang ada,” ungkap Bima.

Koordinator Festival Budaya Nusantara IX Program Keahlian Komunikasi Diploma IPB, Willy menuturkan, kegiatan yang digelar pihaknya merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB) ke-534.

“Kali ini lebih meriah dengan variasi kuliner yang kami suguhkan di stan-stan budaya,” katanya.

Dengan festival tersebut, dia berharap sikap etnosentrisme dihindari oleh masyarakat. Pasalnya, Indonesia memiliki budaya yang beragam. Menurutnya, sikap meyakini bahwa kebudayaannya lebih baik dari kebudayaan lain bisa menyebabkan pertikaian di masyarakat.

“Karena itu harus dihilangkan pemikiran seperti itu,” tambahnya. [hus/inilahkoran.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here