Akhirnya Jalan Rusak Di Desa Neglasari Kecamatan Dramaga Mulai Diperbaiki

91
0
SHARE

LAPORAN: HERI SUPENDI

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Akhirnya jalan di Desa Neglasari Kecamatan Dramaga sudah mulai diperbaiki. Meskipun perbaikan jalan tersebut menyebabkan banyak debu, tapi setidaknya pemerintah Desa Neglasari sudah mau serius menangani permasalahan kerusakan jalan di Daerah Neglasari.

Desa Neglasari Kecamatan Dramaga melakukan perbaikan jalan disepanjang jalan RT 2 sampai RT 1. Pengerjaan perbaikan jalan dilakukan sepenuhnya oleh tim pemborong, dan warga sekitar turut membantu mengerjakan pondasi bagian bebatuan.

Dumiati warga Neglasari RT 2 RW 5 yang bertugas mengasawi perbaikan jalan tersebut mengatakan jalan di Desa tersebut seluas 3 meter, namun ada beberapa titik yang hanya dicor 2,6 meter luas jalan yang direalisasikan .

“Sebenernya luas jalannya 3 meter, tapi cuma 2,6 meter yang dicor di beberapa titik”, tuturnya.

Sebelum pelaksanaan perbaikan jalan di Desa Neglasari RT RW turut dilibatkan dalam perencanaan perbaikan jalan tersebut. Awalnya Pemerintah Desa akan memperbaiki terlebih dahulu gorong-gorong, namun warga mendesak agar lebih diutamakan perbaiki jalan dulu.

Melihat kondisi jalan yang sudah parah, akhirnya warga meminta agar jalan dulu yang diselesaikan sebelum lebaran.

“Sebelumnya warga diajak diskusi untuk perbaikan ini, awalnya desa pengen memperbaiki gorong-gorong dulu, tapi kita ga setuju, kita desak desa agar jalan dulu diperbaiki sebelum lebaran.”, ujarnya kepada bharatanews.id.

IMG-20160529-WA0005

Namun dalam perbaikan jalan tersebut warga Neglasari berikut RT RW nya tidak mengetahui berapa jumlah anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan jalan tersebut. Pemerintah Desa dikatakan kurang transparan mengenai anggaran perbaikan. Padahal seharusnya anggaran tersebut dipampang agar warga juga mengetahuinya.

“kita tidak tahu berapa anggaran perbaikan jalan ini. Pemerintah Desa kurang transparan. Harusnya dipampang agar kita semua tahu. Kalau transparan kan kita juga bisa bantu rencanakan anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan ini”, keluhnya.

Menanggapi hal tersebut, Yayan selaku Kepala Desa Neglasari menjelaskan bahwa Anggaran Dana Desa (ADD) sekarang murni program dari pusat pemerintahan diperuntukkan untuk infrastruktur perbaikan jalan sepanjang 1360M, lebar 3M dengan ketebalan 12CM, dengan jumlah anggaran biaya total 678 Juta rupiah.

Pemerintah Desa juga mengefisiensikan dana yang ada untuk perbaikan jalan di Desa Neglasari tersebut, karena tidak ada bantuan dari Swadaya.

“ADD sekarang murni dari pemerintah untuk perbaikan jalan sepanjang 1360M, lebar 3M dan tebal 12CM, total biaya 678 juta. Kita mengefisiensikan dana yang ada karena tidak ada bantuan dana tunai dari swadaya”, jelasnya kepada bharatanews.id

Yayan pun mengharapkan kerjasamanya dari warga setempat untuk dukungan dan partisipasi warga dalam perbaikan jalan tersebut. Bukan untuk ikut terjun langsung dalam perbaikan jalan, namun hanya dengan mematuhi peraturan untuk menggunakan jalan yang sedang di cor agar peringannya maksimal dan juga kualitasnya terjamin.

“saya meminta dukungan dan kerjasama dari warga untuk mensukseskan perbaikan jalan inidengan cara mematuhi aturan untuk menggunakan jalan selama jalan itu lagi diperbaiki agar kualitasnya terjamin dan hasilnya juga memuaskan”, harapnya. (her/jat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here