Ahmad Heryawan Siapkan Trauma Healing bagi Korban Banjir Bandang Subang

56
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | SUBANG – Selain rehabilitasi permukiman, Pemprov Jabar juga akan merehabilitasi mental atau trauma healing warga korban banjir dan longsor di Kampung Cihideung, Desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) mendengar langsung keluhan para korban bencana itu yang merasa trauma dengan kejadian tersebut.

“Saya ngobrol dengan warga, mereka bilang trauma, mungkin selama dua bulan mereka akan ingat terus (bencana banjir bandang),” kata Ahmad Heryawan, dalam tinjauannya ke lokasi bencana tersebut, Rabu (26/5).

Pemprov Jabar pun akan terus mendorong upaya mitigasi bencana. Salah satunya dengan mengarahkan masyarakat, khususnya yang bertempat tinggal di daerah rawan bencana agar menghindar dari bencana serupa.

“Longsor itu adalah tabiat, artinya sifat tanah yang original. Begitu Allah menciptakannya. Nah, yang terpenting adalah bagaimana kita mengarahkan masyarakat untuk menghindari tempat-tempat longsor tersebut,” papar Ahmad Heryawan.

Seperti diketahui, bencana ini mengakibatkan enam orang meninggal dunia, enam rumah warga rusak berat, dan belasan rumah lainnya rusak ringan. Kampung Cihideung sendiri dihuni oleh 116 kepala keluarga dengan 388 orang penduduk. Saat ini, mereka mengungsi ke balai desa serta rumah-rumah warga yang tidak terkena dampak banjir bandang ini. (aku/pojoksatu.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here