Pembangunan Pengembangan Stasiun Bogor Paledang Dimulai!

74
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pembangunan pengembangan Stasiun Kereta Api (KA) halte peron Paledang atau yang lebih dikenal dengan Stasiun Bogor Paledang kini mulai memasuki tahap baru. Hal ini ditandai dengan dimulainya pengerjaan perbaikan serta pengembangan untuk menunjang pelayanan serta kenyamanan penumpang. Pengerjaan yang telah dilakukan antara lain penambahan atap pada peron serta penambahan atap pada teras bangunan yang telah ada.

Bangunan eks-rumah dinas milik PT KAI
Bangunan eks-rumah dinas milik PT KAI

Bila melihat dari desain yang diunggah oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) divisi pelestarian bangunan bersejarah (heritage), nantinya Stasiun Bogor Paledang ini akan memiliki pintu masuk dan keluar yang berbeda sehingga tidak terjadi crossing antar penumpang yang baru turun serta yang akan naik. Selain itu, bangunan bekas rumah dinas pegawai PT KAI yang berada di seberang stasiun ini akan digabungkan dengan bangunan stasiun yang sudah ada. Perubahan lainnya yang akan dibuat adalah bentuk atap yang lebih estetis daripada kondisi saat ini.

Ilustrasi desain Stasiun Bogor Paledang tampak atas
Ilustrasi desain Stasiun Bogor Paledang tampak atas

Pada bagian struktur, stasiun ini tetap menggunakan struktur baja namun terdapat sedikit perbedaan dengan struktur yang telah ada sebelumnya yaitu bentuknya yang tidak tegak vertikal melainkan menjadi diagonal sehingga berbentuk “V” pada pondasinya. Desain berbentuk “V” seperti ini sudah umum digunakan pada stasiun-stasiun di Jabodetabek pasca pengoperasian tiket elektronik untuk KRL Commuter Line. Desain yang baru ini terlihat lebih “segar” dan lebih estetis daripada kondisi saat ini. Pengembangan stasiun Paledang yang sedang berlangsung saat ini diharapkan memiliki hasil akhir yang sesuai dengan desain yang telah dirilis.

Desain denah stasiun Bogor Paledang
Desain denah stasiun Bogor Paledang
Desain stasiun Bogor Paledang
Desain stasiun Bogor Paledang

Stasiun Bogor Paledang adalah stasiun yang dibangun bersamaan dengan wacana pengaktifan kembali jalur Bogor – Sukabumi pada tahun 2013. Stasiun ini dibangun khusus sebagai perhentian awal dan akhir KA Pangrango sehingga penumpang KRL tidak bercampur dengan penumpang KA Pangrango di Stasiun Bogor. Pembangunan stasiun ini terbilang cepat karena hanya menghabiskan waktu sekitar 2 pekan saja. (kaorinusantara.or.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here