Perbanyak Lubang Biopori, RT 03 Kayumanis Berpeluang Juara

78
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Lomba Kebersihan lingkungan tingkat Rukun Tetangga (RT) se-Kota Bogor dalam rangka Hari Jadi Bogor (HJB) ke-534, memasuki tahapan penilaian akhir 10 besar nominasi juara. Salah satu nominasi, RT03, di wilayah RW01, Kampung Kayumanis, Keluarahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal tampaknya terus mendapat pantauan khusus dari tim monitoring lomba.  “Kami di RT 03 ini  terus menggerakkan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kami juga terus menggalakkan program pembuatan lubang resapan air (biopori),” kata Ketua RT 03, Anwar, Kamis (26/5).

Pada awalnya kesadaran warganya memang sangat kurang dalam menjaga kebersihan lingkungan. Namun berkat upaya dan kerja keras dari semua pihak, akhirnya kesadaran itu mulai tumbuh dan terus berkembang sehingga Kampung Kayumanis layak bersaing dengan daerah lain.

“Siapa sangka, kampung ini dulu sering disebut ‘Kampung Buwek’ alias terbelakang, tapi kini bisa masuk 10 besar nominasi juara,” ujarnya haru.

Ketua Tim Penilai Pemda Bogor, Irwan Riayanto mengatakan, bahwa lomba kebersihan lingkungan tingkat RT ini baru kali pertama dilakukan dalam rangka memeriahkan HJB Kota Bogor ke-534. “Kami berharap kegiatan lomba ini mampu memberikan motivasi bagi para Ketua RT di Bogor untuk lebih giat dan bersemangat lagi dalam menggerakkan warganya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” kata Irwan, yang juga menjabat selaku Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor.

Irwan menyebutkan, lomba kebersihan tingkat RT di Kota Bogor ini diikuti seribu lebih RT. Namun setelah dilakukan monitoring dan penilaian sekarang telah memasuki 10 besar nominasi juara.   “Kami bersama Tim terus melakukan monitoring dan penilaian  untuk menentukan RT mana yang sekiranya layak dan pantas masuk nominasi 3 besar sebagai juara,” ujarnya.

Ada beberapa kriteria yang akan menjadi bahan pertimbangan bagi TIM untuk melakukan penilain. Misalnya tingkat partisipasi warga dalam ajang tersebut, penanganan sampah (3R) di lingkungan RT setempat, pembuatan lubang biopori dan kriteria lainnya. “Untuk pengumuman sekaligus penyerahan hadiah utama Rp30 juta dan Umroh bagi petugas kebersihan akan dilakukan langsung oleh Pak Walikota nanti pada hari Jumat (03/6/16), di acara Puncak Malam Perayaan HUT Bogor ke-534, di Hotel Brajamustika, Kota  Bogor,” terangnya. (bas/bisnisjakarta.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here