Kartu Jakarta One Menjawab Kebutuhan Warga DKI

76
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meluncurkan kartu pembayaran elektronik ‘Jakarta One’ Juni 2016 mendatang. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan kartu tersebut bisa mengetahui aktivitas dan kebutuhan warga.

“Misal kamu naik bus Transjakarta dari jurusan jempol mau ke kelingking kan mesti turun bus terus tuh. Jadi kamu tinggal tempel kartu kita bisa bikin rute baru jadi enggak harus pindah halte,” kata Ahok di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (27/5).

Selain mempermudah akses warga dalam menggunakan transportasi umum, kartu Jakarta One bisa mendeteksi kebutuhan warga atas beras miskin yang diberikan pemerintah. Ia tak ingin ada oknum yang memperjualbelikan beras miskin dengan harga beras normal.

“Harga beras miskin Rp1.600 yang beli dicatat tangan doang. Dengan kartu saya bisa tahu siapa saja penerima layaknya,” ungkapnya.

Kemudian, warga yang terdampak bencana juga bisa memanfaatkan kartu tersebut. Ia mencontohkan, warga yang ingin mendapat makan pagi, siang atau malam bisa menggunakan kartu tersebut. Kartu itu nanti akan diketahui berapa banyak orang yang memerlukan bantuan makanan siap saji agar pemerintah juga bisa menghemat anggaran daerah.

“Ngapain saya sediakan anggaran sampai satu orang tiga kali makan, kalau misalnya orang ini makan hanya pagi dan malam bagi yang mungkin siangnya bekerja. Ini bisa hemat anggaran kita dong. Nanti PKL (pedagang kaki lima) juga masuk uangnya semua ke bank jadi saya mau service lebih baik,” ujar Ahok. (jitunews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here