Bhatoegana Resmi Tempati Sukamiskin

92
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BANDUNG – Kepala Lapas Sukamiskin, Surung Pasaribu mengatakan, terpidana koruptor Sutan Bhatoegana terlihat stres. Sutan resmi jadi tahanan Lapas Sukamiskin sejak Kamis (26/5/2016) sore. Sutan merupakan terpidana korupsi kasus gratifikasi di Kementerian ESDM.

“Saya lihat wajahnya stres, lesu, dan letih. Ya namanya juga orang dipenjara, siapa yang nggak stres,” kata Surung saat dihubungi.

Sutan tiba di Lapas Sukamiskin dengan didampingi kuasa hukumnya serta petugas keamanan. Dia langsung mengikuti tes kesehatan dan proses administrasi di lapas.

Sebelum menghuni kamar sendiri, Sutan ditempatkan di sel pengenalan, sebagaimana semua narapidana yang baru masuk. Sesudah sepekan di sel pengenalan, baru dipindah ke sel yang telah ditentukan.

Di lapas yang dipimpinnya, lanjut Surung, politikus asal Partai Demokrat itu akan menjalani hukuman selama 12 tahun sebagaimana vonis yang ditetapkan oleh Mahkamah Agung (MA).

Sutan merupakan terpidana kasus suap pembahasan APBN-P tahun 2013 untuk Kementerian ESDM serta penerimaan gratifikasi. Dia terbukti menerima uang sebesar 140.000 dolar AS dari Waryono Karno dan 200.000 dolar AS dari Rudi Rubiandini.

Tak cuma itu, Sutan juga terbukti menerima tanah dan bangunan dari Komisaris PT SAM Mitra Mandiri, Saleh Abdul Malik. Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi sebelumnya menjatuhkan pidana sebesar 10 tahun penjara kepada Sutan. Namun hukuman itu diperberat di tingkat MA menjadi 12 tahun. [hus/inilahkoran.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here