Tradisi Ngubek Situ Kembali Meriahkan Hari Jadi Bogor

86
SHARE

BHARATANEWS.ID – Menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-534, Pemkot Bogor akan menggelar tradisi ‘Ngubek Situ’ bagi warga Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Ketua LPM Kelurahan Situ Gede Eman mengatakan, tradisi ini merupakan budaya Sunda yang awalnya diselenggarakan dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan.

Namun, beberapa tahun terakhir masuk dalam rangkaian HJB. Ngubek Situ akan diselenggarakan Minggu (29/5/2016) mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan tidak hanya untuk masyarakat Kota Bogor saja. Artinya, warga dari luar Kota Bogor pun bisa mengikuti kegiatan ini.

“Tujuan digelarnya kegiatan ini selain untuk melestarikan budaya Sunda mengambil ikan menjelang Bulan Suci Ramadhan. Juga untuk mengingatkan Pemerintah tentang potensi wisata yang ada di Situ Gede.

Kami berharap Pemkot bisa memaksimalkan Situ Gede sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Bogor,” ujarnya kepada infonitas.com, Rabu (25/5/2016). Lebih jauh dirinya menjelaskan, pada pelaksanaannya tahun lalu, peserta Ngubek Situ jumlahnya mencapai seribu peserta dari berbagai wilayah.

Untuk tahun ini, Eman memprediksi jumlah peserta tetap bertahan di angka yang sama. Meskipun pihak panitia menyatakan peserta bebas dan diperuntukan bagi umum, tetapi peserta tetap harus mematuhi tata tertib dan persyaratan. Antara lain, berusia minimal 15 tahun, mempunyai kondisi sehat, tidak mengidap penyakit dan harus bisa berenang. Bagi peserta dari luar Kota Bogor harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000.

“Bagi peserta yang membawa rakit sendiri, bahannya harus dari bambu dan tidak boleh menggunakan gedebok pisang. Sedangkan bagi peserta yang tidak memiliki rakit, jala dan serokan akan kami sewakan,” paparnya. Ditambahkan olehnya, pihaknya menargetkan untuk peserta menjala sekitar 250-300 rakit. Sedangkan peserta ngorobok sebanyak 200-300 orang. “Sementara khusus untuk peserta ngorobok, kami juga menyaratkan harus yang tahu kondisi dan situasi Situ Gede,” pungkasnya. (infonitas.com)